Contoh Produk dan Jasa

Beberapa Barang Serta Jasa yang ada di Indonesia

Donabisnis.com – Contoh produk dan jasa. Dalam menjalani bisnis atau usaha, para wisausahawan terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuknya, yakni menjual produk atau jasa.

Produk barang adalah jenis produk yang dapat dilihat secara kasat mata. Sementara jasa adalah produk yang diperjualbelikan namun bentuknya tak terlihat oleh mata.

Baik produk atau jasa bisa ditawarkan secara konvensional di toko offline maupun ditawarkan di internet melalui website, video YouTube, sosial media, atau platform periklanan lainnya.

Di Indonesia juga ada banyak sekali contoh produk dan jasa yang bisa kita temukan. Bahkan di sekeliling rumah kita juga banyak, namun mungkin tak sepenuhnya kita sadari.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa contoh produk dan jasa beserta penjelasannya. Silahkan simak ulasan di bawah berikut ini secara lengkap.

Daftar Contoh Produk dan Jasa Beserta Penjelasannya

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah ulasan lengkap tentang contoh produk dan jasa lengkap beserta penjelasannya di bawah berikut ini.

1. Barang

Barang terdiri banyak jenis, namun secara garis besar terbagi menjadi empat macam. Di antaranya adalah barang bergerak, tak bergerak, barang berwujud, dan tak berujud. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Barang bergerak adalah kendaraan seperti motor, mobil, kapal, dan lain-lain.
  • Barang tidak bergerak berarti benda yang tidak sanggup berpindah, seperti pohon, tanah, rumah, dan lain-lain.
  • Barang berwujud berarti benda yang punyai bentuk fisik tertentu, seperti meja, kursi, tisu, dan lain-lain.
  • barang tidak berwujud antara lain adalah air dan gas.

Contoh produk barang: mobil, TV, motor, kulkas, radio, buku, lemari, kursi, meja, baju.

2. Jasa

Jasa memiliki karakteristik berbeda dengan barang. Berikut beberapa di antaranya.

Tidak Berwujud

Jasa tidak sanggup dirasakan dengan panca indera, jasa tidak sanggup disentuh, diraba, dirasa, didengar, dilihat, dan dicium.

Tidak Mempunyai Standar

Jasa berwujud kinerja, maka seperti ciri jasa yang sudah disebutkan di atas, kualitas dari jasa sukar diukur gara-gara hasil dari jasa kebanyakan tidak sama walaupun mampir dari orang yang sama.

Tidak Tahan Lama

Jasa tidak sanggup disimpan mauapun digunakan ulang, gara-gara mengkonsumsi jasa dikerjakan pada pas jasa diberikan. Contohnya adalah massage, potong rambut, dan angkutan umum.

Tidak Sanggup Dipisahkan

Jasa dan pemberi jasa sudah merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan.

Adapun umpama jasa antara lain adalah jasa perbankan, jasa asuransi, jasa transportasi, dan tetap banyak lagi.

Contoh jasa: travel, rental mobil, salon, penjahit, mekanik, bengkel, bank, privat, sekolah musik, laundry.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh produk serta jasa. Mudah-mudahan dapat membuat kita mengenal contoh dan perbedaan antara produk maupun jasa.

Baca: