Contoh Usaha Mikro

Beberapa Contoh Bisnis UMKM

Donabisnis.com – Contoh usaha mikro. Berdasarkan skalanya ada dua jenis usaha yang bisa dijalani. Di antaranya adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta usaha besar berskala perusahaan.

Siapapun tentu ingin bisnisnya berkembang menjadi besar, namun ada juga yang memilih menjalani bisnis kecil-kecilan berskala mikro agar tidak ribet dan memiliki banyak waktu dalam hidup.

Sejatinya itu adalah pilihan, namun khusus bagi pengusaha atau pebinsis yang baru ingin memulai membuka binsis mikro, tentu saja akan berpikir-pikir, usaha seperti apa yang menjanjikan dan menguntungkan.

Hal ini sebenarnya bisa dilihat dari berbagai faktor. Terutama adalah lokasi, di mana Anda ingin menjalankan bisnis, berapa banyak kompetitor pada usaha tertentu di sana, bagaimana prospek penjualan ke depan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang daftar contoh usaha mikro yang menjanjikan dan menguntungkan. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Daftar Contoh Usaha Mikro yang Menjanjikan

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai contoh usaha mikro yang menguntungkan, modal kecil hasil besar, dan tidak banyak pesaing.

1. Bisnis Jajanan Tradisional

Bisnis jajanan tradisional bisa menjadi salah satu contoh usaha mikro yang bisa dicontoh. Sebab bisnis ini begitu diminati oleh banyak kalangan karena pemasarannya mudah pemasarannya gampang.

Jika suatu saat dapat sukses, maka dapat mengakses banyak lapangan pekerjaan di lingkungan sekitar.

2.Usaha Gerabah (Keramik Tanah Liat)

Pernahkah Anda mengunjungi Desa Wisata Kasongan atau Desa Wisata Panjangrejo? Kedua area tersebut merupakan sentra kerajinan gerabah yang berasal dari tanah liat.

Usaha mikro yang berupa padat karya tersebut dapat menambahkan nilai ekonomi tinggi untuk masyarakat sekitar dan mengakses banyak lapangan pekerjaan, tanpa kudu mengadu nasib ke pemilik modal. Sebuah gagasan ekonomi kerakyatan yang luar biasa bukan?

3. Usaha Batik Tulis

Sejak ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia, kini batik tulis menjadi sangat digemari masyarakat di luar dan dalam negeri. Efeknya, usaha batik tulis menjadi semakin cerah untuk ditekuni.

Anda dapat belajar berasal dari desa wisata Imogiri soal pemasaran dan branding, dikarenakan batik tulis berasal dari area ini telah melalang buana sampai ke Istana Negara.

4. Bisnis Sablon Kaos

Sablon kaos jadi tidak benar satu contoh usaha mikro yang belakangan banyak digeluti. Jenis usaha ini mulanya sesungguhnya membutuhkan modal dan skill yang lumayan.

Meski begitu, potensi berasal dari usaha sablon sendiri dapat dibilang cukup besar, terlebih kala memasuki masa kampanye penentuan wakil rakyat.

5.Toko Sembako

Setiap orang tentu saja membutuhkan barang-barang sembako, seperti pasta gigi, sabun mandi, gula, beras, garam, dan masih banyak lagi. Maka dari itu membuka usaha sembako bisa menjadi sangat menguntungkan.

6. Jual Ayam Potong

Di area pedesaan maupun perkotaan, ayam jadi makanan sejuta umat yang disukai banyak orang. Potensi ekonominya begitu besar, walaupun cuma dikerjakan di dalam skala kecil.

7. Bisnis Kuliner

Kuliner adalah usaha yang tak dulu mati dikarenakan makanan merupakan kebutuhan seluruh orang. Ragam usaha kuliner yang dapat dikembangkan pun terlampau banyak. Anda dapat memulai berbisnis di bidang ini bersama dengan modal awal yang kecil. Untuk sukses, kuncinya terdapat pada mutu rasa makanan, pelayanan, dan kiat pemasaran.

8. Bisnis Fashion

Bisnis fashion juga memiliki potensi untuk mendatangkan profit yang besar, terlebih pada momen Hari Raya. Tren mode yang terus berkembang juga membuat bisnis ini tak jalan di tempat saja. Anda bisa mengembangkan usaha kecil di sektor ini dengan berjualan di toko fisik atau online.

9. Bisnis Pendidikan

Tempat-tempat kursus dan pelatihan tatap wajah cukup digemari, baik pelajar sekolah maupun orang yang inginkan tingkatkan keahlian khusus. Untuk memulai berbisnis di bidang ini, Anda kudu mengetahui kemampuan diri sendiri sebagai modal awal. Selanjutnya, menawarkan keistimewaan yang tidak dapat diperoleh pengguna terkecuali cuma belajar secara online.

10. Bisnis Otomotif

Ada banyak kesempatan usaha kecil di bidang otomotif, seperti jual beli suku cadang kendaraan, rental mobil atau motor, bengkel, hingga cuci kendaraan. Bisnis ini bisa dikatakan sangat potensial karena jumlah kendaraan terus bertambah.

11. Bisnis Agribisnis

Sebagai kebutuhan pokok, kesempatan usaha agribisnis, yakni usaha di bidang pertanian dan peternakan, terlampau terbuka lebar. Namun, pelaku UKM masih didominasi oleh orang tua. Beberapa contohnya adalah ternak ayam potong atau ayam petelur, budidaya tanaman rempah, menjual sayur organik, dan menjual bibit tanaman.

12. Bisnis Tour & Travel

Bisnis tour & travel terlampau potensial, terlebih di area pariwisata. Anda dapat menawarkan paket tur bersama dengan ekstra layanan yang memudahkan wisatawan. Bisnis ini termasuk mencakup layanan akomodasi, layaknya guest house, cottage, villa, losmen, dan sebagainya. Ada pula usaha oleh-oleh yang menggiurkan, baik makanan maupun produk khas.

13. Bisnis Produk Kreatif

Berbagai produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi. Keunggulannya ada pada keunikan dan segi artistiknya. Ada banyak kesempatan usaha kecil untuk terjun di sektor ini, seperti membuat produk fashion hingga aksesori dan ornamen untuk rumah.

14. Bisnis Teknologi Internet

Berbasis teknologi internet, usaha UKM jauh lebih berkembang. Bisnis ini dibutuhkan oleh masyarakat masa kini yang akrab bersama dengan dunia maya. Selain potensial, usaha teknologi internet termasuk mempunyai lingkup yang luas agar memungkinkan bervariasi inovasi dan eksplorasi.

15. Bisnis Kecantikan

Dengan modal yang tak terlalu besar, Anda bisa memulai usaha kecantikan seperti salon. Peluangnya juga cukup besar dan supaya sukses, hal yang bisa ditawarkan adalah mutu layanan serta variasi jasa.

16. Bisnis Event Organizer

Anda termasuk dapat menggeluti usaha event organizer di dalam skala kecil sampai menengah terkecuali modal tak seberapa. Ada banyak contoh yang dapat dicoba, layaknya menyelenggarakan acara ulang tahun, anniversary, pernikahan, dan sebagainya.

17. Bisnis Jasa Kebersihan

Jasa kebersihan, seperti laundry menjadi kebutuhan masyarakat mdoern. Dengan modal yang tak terlalu banyak usaha ini bisa dimulai. Selain laundry baju, Anda juga bisa memulai laundry sepatu, helm, selimut, dan sebagainya.

18. Bisnis Kebutuhan Anak

Kebutuhan anak bermacam-macam, jadi berasal dari pakaian, makanan, bacaan, sampai mainan. Bidang usaha ini terlampau menjanjikan dikarenakan orang tua kebanyakan tak sungkan mengeluarkan uang untuk kebutuhan anak.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh usaha mikro kecil menengah. Semoga bisa menjawab unek-unek Anda yang bingung mau memulai bisnis atau usaha apa di masa sekarang.

Baca: