Contoh Usaha Modal Kecil

Beberapa Usaha dan Bisnis Bermodal Sedikit

Donabisnis.com – Contoh usaha modal. Ada banyak peluang usaha modal kecil yang benar-benar menguntungkan, bahkan meski kita tak memiliki sumber daya manusia atau tim dengan jumlah banyak.

Hal tersebut bisa tercapai berkat adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak usaha yang bisa dijalankan tanpa berpikir itu sulit dilakukan.

Berbisnis sendiri menjadi pilihan banyak orang, khususnya karena dianggap memiliki potensi mendatangkan uang dengan lebih besar. Asalkan menjalani yang memiliki prospek cerah dan menguntungkan.

Tapi mungkin masih ada yang belum tahu apa saja contoh usaha modal kecil yang menjanjikan, menguntungkan, untung besar, cocok bagi pemula, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan belum bayak pesaing.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi contoh usaha modal kecil yang menjanjikan dan dapat Anda jadikan referensi. Simak pembahasannya di bawah ini.

Daftar Contoh Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang usaha modal kecil menguntungkan. Simak pembahasannya dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Toko Online

Saat ini menjalani usaha tak harus memiliki toko atau ruko. Hal ini tak terlepas dari perkembangan internet yang memudahkan pebisnis membuat toko online. Anda bisa membuat toko online dari marketplace yang sudah banyak tersedia.

Atau, anda termasuk mampu memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook sebagai area jual beli milikmu. Modal utama yang anda butuhkan yakni ponsel dan laptop jika punya. Nantinya, disaat ada pesanan anda cuma wajib menuju ke jasa ekspedisi atau kurir online untuk sistem pengantaran barang.

2. Jasa Desain Grafis

Bila Anda memiliki kemampuan dalam bidang seni desain, maka usaha ini sangat sesuai untuk Anda. Selain bisa menyalurkan bakat yang Anda miliki, Anda tak perlu menggunakan alat yang mahal, cukup bermodal ponsel atau laptop saja.

Kamu mampu mengawali bersama menyebabkan tawaran bagi logo perusahaan, gambar untuk baju, maskot, poster, booth, dan interior. Tapi, ada tips yang wajib anda perhatikan.

Jangan merasa usaha ini bersama mematok harga benar-benar tinggi. Pastikan anda udah punyai portfolio desainmu dahulu, dan setidaknya punyai terstimonial dari konsumen jasa milikmu.

3. Aksesori Handmade

Masih usaha yang berkaitan dengan hobi, contoh usaha modal kecil ini bisa mendatangkan keuntungan besar. Caranya Anda membuat aksesori yang dibutuhkan, seperti kalung, gelang, tempat pensil, dan sebagainya. Bisnis ini cenderung memanfaatkan barang yang tak terpakai menjadi barang bernilai guna.

4. Jasa Pengetikan

Kamu punyai laptop atau komputer dan bahagia mengetik? Maka usaha ini sesuai untukmu. Sebab, usaha yang jenisnya jasa tetap memanfaatkan modal minim.

Kamu mampu menawarkan kebolehan mengetikmu terutama pada mahasiswa atau anak sekolah. Sebab, kebutuhan bakal pembuatan makalah atau laporan didalam saat cepat benar-benar dibutuhkan, dan tidak semua orang mampu mengetik bersama cepat.

5. Cuci Sepatu

Dalam beberapa thaun belakangan, pamor sepatu lumayan tinggi dan hal ini membuka peluang ushaa baru. Bisnis cuci sepatu lumayan menggiurkan karena meski orang mampu membersihkan sepatu, namun rasa malas bisa saja terlihat dan selanjutnya pilih jasa cuci sepatu.

Selain itu, jasa cuci sepatu tidak perlu lahan luas. Bahan untuk membasuh sepatu termasuk lumayan murah. Bisnismu termasuk bakal tambah meningkat jika anda punyai kebolehan didalam mereparasi sepatu atau memodifikasi sepatu supaya beda dari lainnya.

6. Event Organizer

Bisnis event organizer termasuk jadi usaha yang mampu dibilang hampir tidak perlu modal. Yang dibutuhkan dari style usaha modal kecil menguntungkan besar ini adalah pengalaman dan kepercayaan dari klien.

Untuk memperoleh pengalaman tersebut, anda mampu ikut belajar di sebagian event yang udah ada. Akan lebih baik lagi jika anda udah punyai relasi vendor penyedia perlengkapan event, seperti vendor untuk sound, vendor panggung, dekorasi, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana memperoleh modal pembuatan eventnya? Kamu mampu memanfaatkan relasi dan cari sponsor untuk memperoleh kucuran dana. Sasar sebagian perusahaan besar yang potensial dan punyai program pemasaran di dalamnya. Biasanya perusahaan perlu event untuk menarik pasar, dan anda mampu jadi EO-nya.

7. Jual Makanan dan Minuman

Saat ini menjual makanan atau minuman juga tidak harus memiliki warung atau restoran. Sudah banyak orang yang menjualnya secara online dari rumah saja, dan keuntungannya konsumen bisa datang lebih banyak dari mana saja.

8. Jasa Penitipan Binatang

Jenis usaha modal kecil menguntungkan besar ini termasuk tidak kalah menggiurkan. Kamu mampu memanfaatkan pengetahuanmu tentang binatang bersama membuka penitipan binatang. Biasanya, penitipan binatang bakal ramai di saat libur sekolah dan saat libur panjang di hari besar.

9. Potong Rambut Delivery

Jika anda punyai keterampilan memotong rambut, maka anda wajib mencoba untuk menyebabkan usaha potong rambut delivery ini. Maksudnya? Kamu lumayan menyiapkan alat cukur lengkap, lantas anda mampu menyebabkan iklan di sosial media. Selanjutnya, jika ada konsumen yang idamkan potong rambut, anda cuma wajib menuju ke area tinggalnya.

10. Bisnis Kaos Pre-order

Dengan metode pre-order, ini akan membantu Anda untuk tidak mengeluarkan ongkos memproses kaos. Selain itu Anda juga bisa mendapat kepastian tentang siapa yang akan membeli produk kaos milik Anda. Apalagi jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang desain, maka Anda tak harus menyewa tukang desain untuk produk kaos Anda.

11. Jasa Pembuatan Bucket Bunga

Bisnis ini termasuk lumayan unik tetapi menguntungkan. Kamu mampu membuka jasa pembuatan bucket bunga yang biasa digunakan disaat wisuda. Selain peristiwa wisuda, bucket bunga ini mampu dijadikan kado disaat peristiwa lain seperti lagi tahun.

12. Wedding Organizer

Jenis usaha modal kecil menguntungkan berikutnya ada wedding organizer. Mungkin ada yang bingun apa bedanya WO dan EO (event organizer). Dalam WO, yang dikelola fokus hanya acara pernikahan saja, sedangkan dalam EO acara yang dikelola bisa lebih beragam.

Sebab, sumber keuangan utama acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Dengan kata lain, anda serupa sekali tidak wajib mengeluarkan duit dan cuma bermodal ilmu didalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

13. Konter Pulsa

Contoh usaha kecil-kecilan pertama yang mampu dijadikan sebagai inspirasimu adalah jualan pulsa. Usaha ini dinilai menguntungkan didalam jangka panjang sebagaimana pulsa udah jadi anggota dari kebutuhan masyarakat jaman kini. Maka dari itu, jualan pulsa pasti deh hampir pasti bakal laku. Belum lagi jika anda buka lapak di area strategis.

Tidak wajib jauh-jauh sewa area di mall tertentu, anda mampu buka konter pulsa di depan teras rumah. Dengan catatan, rumah anda emang lumayan sering di lewati orang, ya.

14. Jual Sayuran

Usaha ini sesuai bagi yang udah berumah tangga. Belanja buat kebutuhan rumah tangga mampu sekalian anda jadikan lahan bisnis. Caranya adalah anda berbelanja bahan sayur-mayur dan kebutuhan dapur lainnya di pasar. Kemudian, anda jual lagi di teras rumah.

Gak wajib banyak modal buat ide usaha satu ini. Kamu mampu sisihkan 1 juta buat beli bermacam sayur, sebagian buah, bumbu-bumbu dan sebagian kilogram ikan maupun ayam. Keuntungannya termasuk lumayan, lho.

15. Jual Sarapan

Anda bisa memanfaatkan teras rumah untuk berjualan macam-macam, salah satunay adalah menjual sarapan. Menu sarapan juga cukup mudah diolah, seperti nasi uduk atau lontong sayur dan meski mudah diolah namun disukai banyak orang.

Sekarang bergantung pada anda mampu buat sarapan yang lezat atau gak. Dan jangan keliru lho, disaat menu makanan yang anda jual enak, maka gak sedikit orang yang merekomendasikan makanan-makanan itu ke orang lain.

16. Bisnis Parkir

Beruntunglah buat anda yang punyai properti di area strategis, seperti seumpama dekat mall, perkantoran, stasiun dan lainnya. Lahan properti anda selanjutnya mampu dijadikan lahan parkir.

Lahan parkir yang tambah padat di bangunan-bangunan seperti mall, perkantoran dan lainnya jadi peluang bagus yang wajib anda tangkap.

Modal buat buat lahan parkir ini gak hingga sejuta. Misalnya, buat buat portal sederhana aja. Kemudian, yang pasti, pastikan keamanannya termasuk wajib melindungi area itu selama tetap ada kendaraan di sana.

17. Jus Buah

Nah, keliru satu ide usaha rumahan bersama modal kecil berikutnya adalah bersama membuka usaha jus buah. Minuman ini jadi primadona bagi mereka yang bahagia makanan dan minuman sehat. Memang jus buah bagus untuk memenuhi nutrisi tubuh gara-gara buah mempunyai kandungan banyak vitamin dan mineral. Kamu mampu mengawali usaha ini bersama modal di bawah Rp1 juta untuk kepentingan membeli blender dan kepentingan dagang lainnya.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh usaha modal kecil untung besar. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang usaha bermodal kecil namun memiliki peluang yang menguntungkan.

Baca: