Contoh Usaha Perorangan

Beberapa Bisnis Perorangan yang Menjanjikan

Donabisnis.com – Contoh usaha perorangan. Banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan untuk mendapatkan penghasilan. Berdasarkan pelakunya, usaha terbagi menjadi dua yakni perorangan dan perusahaan.

Bisnis atau usaha perorangan adalah bisnis yang dijalankan secara mandiri. Seluruh proses yang ada di dalamnya dilakukan tanpa bantuan orang lain, mulai dari promosi, iklan, penjualan, dan lain sebagainya.

Meski dilakukan sendiri, namun bukan berarti bisnis perorangan tidak mendatangkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan skala perusahaan. Kenyataannya, banyak yang sukses dari situ.

Apalagi sekarang kita benar-benar dimanjakan dengan adanya platform digital dan perkembangan teknologi yang membuat bisnis online berkembang pesat. Itu menjadi modal yang begitu penting untuk mengembangkan bisnis.

Nah pada kesempatan ini, kami ingin memberikan beberapa contoh usaha dan bisnis perorangan yang menjanjikan, menguntungkan, bisa dilakukan di rumah dengan modal kecil namun untung besar.

Daftar Contoh Usaha dan Bisnis Perorangan

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, silahkan simak ulasan lengkap tentang contoh usaha dan bisnis perorangan. Ulasannya ada di bawah berikut ini.

1. Salon dan Spa

Bagi ibu-ibu atau anak muda yang memiliki keterampilan di bidang perawatan kecantikan, Anda bisa membuka salon dan spa di rumah. Ini bisa menjadi peluang bisnis perorangan yagn menguntungkan.

Kamu mampu membuka Salon di rumah, bersama dengan service simpel pasti bersama dengan harga yang terjangkau. Karena diakses di rumah, kamu mampu lebih menghemat cost untu menyewa tempat.

2. Depot Isi Ulang Air Minum

Ide usaha perorangan berikutnya adalah membuka depot pengisian air minum. Ini menjadi salah satu usaha yang menguntungkan karena peluangnya besar. Kenapa peluangya besar? karena tiap tiap manusia butuh minum, supaya jadi keperluan pokok.

Kamu mampu membuka depot di depan rumahmu. Usaha ini bakal lebih menguntungkan kalau di sekitarmu belum ada jasa serupa. Sehingga tidak ada pesaingnya.

3. Jasa Pencucian Motor

Hampir setiap keluarga memiliki motor, minimal satu di rumah. Namun budaya malas mencuci motor ada pada banyakorang. Bila memiliki halaman rumah yang luas dan sarana air mumpuni, maka ini bisa menjadi opsi bisnis yang menguntungkan.

Selagi motor tetap digunakan manusia, maka usaha pencucian motor tidak bakal ada matinya. Apalagi kamu mempunyai sarana lebih yang ditawarkan kala membuka usaha pencucian motor.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan termasuk banyak peminatnya. Jika kamu mempunyai keahlian memicu sesuatu kerajinan yang unik, maka ini adalah peluang untuk membuka usaha di rumah.

Kerajinan tangan itu mampu jadi souvenir pernikahan atau eventlainnya. Kamu mampu mengawali menawarkan kerajinan selanjutnya ke teman-teman dekat atau ke sodara-sodara yang bakal mengadakan resepsi pernikahan.

5. Warung Bakso

Orang Indonesia sangat suka makan bakso, sebab itulah banyak warung bakso di berbagai tempat. Tak harus menyewa kios, usaha bakso juga bisa dijalani di rumah, akan lebih bagus kalau rumahnya berada di tepi jalan raya.

Pastikan kamu memicu bakso yang enak, supaya pelanggan ketagihan. Sehingga pelanggan bakal singgah kembali untuk membeli bakso nuatanmu.

6. Menjual Pulsa dan Kuota Internet

Pulsa dan kuota internet jadi keperluan pokok sementara ini. Hampir tiap tiap orang mempunyai smartphone. Tentu saja smartphone ini tidak mampu digunakan bersama dengan maksimal tanpa ada pulsa dan kuota internet.

Kondisi selanjutnya jadi peluang tersendiri untuk berjualan pulsa dan kuota internet. Kamu mampu mengawali usaha ini di rumah. Kemudian menawarkan jasamu pada orang-orang disekitarmu.

7. Franchise atau Waralaba

Waralaba merupakan salah satu mekanisme kerja sama usaha di mana seseorang mampu memberikan loyalti merek dan seperangkat usaha lengkap untuk langsung mengawali usahanya sendiri. Dengan waralaba ini, semua produk dan tata caranya sudah disiapkan.

Usaha franchise hanya butuh mencari wilayah yang tepat. Hasilnya cost memproduksi mampu benar-benar ditekan. Permasalahan utama adalah modal. Franchise kadang waktu butuh modal sampai miliaran rupiah. Namun sementara ini sudah banyak waralaba atau franchisor lokal yang menawarkan kerjasama mitra usaha bersama dengan modal kecil.

8. Dropship

Usaha dibidang Dropship merupakan proses usaha yang erat kaitannya bersama dengan dunia digital internet. Jadi nantinya kamu harus mencari supplier yang merupakan pemilik barang yang mempunyai stok, sementara teman baik ukmsumùt sebagai dropshipper adalah pihak penjaja (marketer dan seller) yang menjajakan barang punya supplier, dan konsumen adalah konsumen yang membeli barang dari dropshipper.

9. Reseller

Menjadi reseller atau penjaja kembali, mampu dikatakan termasuk sebagai distributor. Kamu menjajakan barang yang sama dari produsen, namun kamu tinggal menjajakan ulang. Kita ambil satu contoh, misalkan reseller HP. Kamu sama-sama menjajakan product Samsung. Sama-sama menjajakan product Samsung, namun kamu tidak menciptakan HP kamu sendiri.

10. Freelance

Freelance atau pekerja lepas adalah style usaha spesial yang mampu mengandalkan apa saja untuk dijual dari rumah. Ushaa ini bakal selamanya bekerja dari rumah bersama dengan mengimbuhkan jasa atau barang yang mereka mempunyai kepada pihak yang butuh karya dan product mereka. Ada banyak pekerjaan yang perihal bersama dengan freelance, seperti desainer, konsultan, IT, programmer, marketing, dll.

Daftar Contoh Bisnis Kelompok yang Menguntungkan

Berikut adalah contoh usaha atau usaha grup yang menguntungkan dan menjanjikan.

1. Perusahaan Firma

Firma merupakan badan usaha yang didirikan oleh sebagian orang dengan memaka nama yang sama dan digunakan bersama-sama.

Ciri-ciri umum dari firma adalah umumnya didirikan oleh dua atau lebih orang yang sudah saling kenal atau mampu saja kerabat dekat, tiap tiap anggota firma mempunyai hak yang sama untuk bertindak atas nama firma, dan terkecuali timbul risiko atas tindakan seorang anggota maka apa pun kerugiannya ditanggung bersama.

2. CV

CV merupakan bentuk perusahaan yang didirikan oleh satu pengusaha atau lebih dengan modal dari pengusaha tersebut maupun dari penanam modal atau saham.

Pengusaha yang mendirikan CV harus bertanggungjawab pada kelangsungan dan berjalannya perusahaan dan modal yang sudah ditanamkan investor.

Umumnya CV merupakan usaha Firma yang sudah berkembang. Jika sebuah Firma terjadi bersama dengan baik dan butuh suntikan dana dari para investor maka Firma selanjutnya mampu dilanjutkan ke CV.

3. PT

Menurut Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Perseroan Terbatas (PT) adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian

Selain itu PT termasuk melaksanakan kesibukan usaha bersama dengan modal dasar yang sepenuhnya terbagi dalam saham dan mencukupi kriteria yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta aturan pelaksanaanya.

4. BUMN

BUMN adalah suatu usaha yang semua modalnya merupakan punya negara. Beberapa style usaha BUMN yang ada di Indonesia diantaranya Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum) seperti Perum Bulog, dan Perusahan Perseroan seperti POS.

5. Perusahaan Daerah

merupakan usaha yang modalnya ada dari pemerintah daerah. Tujuan didirikannya suatu perusahaan adalah untuk memajukan perekonomian di tempat tersebut, serta ikut menyukseskan pembangunan ekonomi nasional.

Selain itu, bersama dengan dibangunnya perusahaan tempat diharapkan mampu menopang mencukupi keperluan teman baik ukmsumut sebagai warga dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

6. Jenis Usaha Koperasi

Koperasi merupakan usaha grup dalam bidang ekonomi. Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk mencukupi kebutuhan ekonomi anggota koperasi.

Ada 5 style koperasi yang dianggap Indonesia diantaranya adalah Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produksi, Koperasi Jasa, dan Koperasi Serba Usaha.

7. UD (Usaha Dagang)

Jenis usaha grup lainnya adalah Usaha dagang yang merupakan usaha yang fokus dalam kesibukan membeli dan menjajakan kembali barang dan termasuk jasa bersama dengan motif untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, termasuk jadi perantara dari transaksi tersebut.

8. Yayasan atau Fondation

Yayasan atau sering disebut termasuk sebagai Fondation termasuk termasuk dalam tidak benar satu usaha grup yang dikelola bersama-sama. Namun bedanya bersama dengan bentuk badan usaha komersil lainnya adalah, yayasan tidak mencari menguntungkan atau profit. Jadi lebih ke keperluan sosial dan berbadan hukum yang legal dan sah.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh usaha bisnis perorangan. Anda bisa menjadikannya referensi untuk memulai bisnis bagi yang ingin menjalani usaha perseorangan yang menguntungkan.

Baca: