Ide Bisnis Jajanan 1000an

Donabisnis.com – Halo sobat DonaBisnis, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa ide bisnis jajanan 1000an yang enak, laris, dan tentu saja menguntungkan.

Mengapa kami ingin membahas topik tersebut? Karena bisnis jajanan termasuk ke dalam bisnis kuliner. Lalu sesuai yang kita tahu, bisnis kuliner ini selalu menguntungkan tak peduli pada perubahan zaman.

Bisnis jajanan bisa dilakukan dengan target pasar anak SD, SMP, SMA, kuliah, maupun pekerja kantoran dan tempat wisata yang ramai pengunjung. Apa saja bisnis jajanan yang bisa Anda coba geluti? Kami akan membahasnya!

Contoh Ide Bisnis Jajanan 1000an yang Enak dan Kekinian

Tanpa basa-basi lagi, simak langsung penjelasan di bawah ini mengenai contoh ide bisnis jajanan harga 1000an yang enak, kekinian, dan menguntungkan untuk anak sekolah.

1. Telur Gulung

Telur gulung adalah jajanan klasik yang disukai banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat jajanan ini selalu digemari.

Telur gulung cocok dijual di berbagai tempat, seperti sekolah, pasar, kantin, ataupun acara-acara tertentu. Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan topping seperti saus, mayonaise, atau abon untuk menarik minat pembeli.

Telur gulung mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak peralatan. Anda hanya perlu menyiapkan telur, tepung terigu, air, dan garam. Telur gulung bisa dibuat dengan berbagai rasa, seperti asin, pedas, atau manis.

Telur gulung adalah jajanan yang menguntungkan karena bahan-bahannya yang mudah didapat dan harganya yang murah sehingga cocok Anda jadikan pilihan ide bisnis.

Baca: Unicorn dalam Bisnis

2. Sosis Bakar

Sosis bakar adalah jajanan yang praktis dan menguntungkan. Sosis bakar mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak peralatan. Anda hanya perlu menyiapkan sosis, tusuk sate, dan bumbu bakar.

Sosis bakar bisa menawarkan berbagai varian rasa, seperti sosis pedas, sosis keju, atau sosis Mozarella. Sosis bakar adalah jajanan yang cocok dijual di berbagai tempat, seperti sekolah, pasar, kantin, ataupun acara-acara tertentu.

Sosis bakar adalah jajanan yang menguntungkan karena bahan-bahannya yang mudah didapat di pasar ataupun secara online dan harganya yang murah.

Selain itu, sosis bakar juga bisa dibuat dengan berbagai variasi sehingga tidak mudah bosan bagi pembeli. Mulai dari rasa manis, pedas, barbeque, hingga lainnya.

3. Tahu Bulat

Tahu bulat adalah camilan unik dan mengenyangkan. Tahu bulat memiliki tekstur yang unik dan berbeda dari tahu goreng biasa. Jajanan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas.

Tahu bulat bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Jajanan ini cocok dijual di acara-acara seperti ulang tahun, buka bersama, ataupun acara kumpul keluarga.

Tahu bulat adalah jajanan yang menguntungkan karena bahan-bahannya yang mudah didapat di pasar atau marketplace online dan harganya yang murah.

Selain itu, tahu bulat juga merupakan jajanan yang unik dan menarik sehingga bisa menarik minat pembeli. Tapi ingat, Anda perlu modal pickup untuk memulai bisnis ini.

4. Cireng

Cireng adalah jajanan yang terbuat dari aci yang digoreng. Cireng memiliki banyak varian rasa, seperti cireng asin, cireng pedas, dan cireng isi.

Cireng bisa dikombinasikan dengan berbagai topping, seperti saus, kecap, mayonaise, atau bumbu rujak. Cireng cocok dinikmati sebagai camilan atau lauk makan.

Cireng adalah jajanan yang menguntungkan karena bahan-bahannya yang mudah didapat dan harganya yang murah. Pembuatannya juga mudah karena banyak resepnya di YouTube.

Selain itu, cireng juga merupakan jajanan yang lezat dan menarik sehingga bisa menarik minat pembeli. Peminatnya bukan cuma anak sekolah melainkan juga orang dewasa.

Baca: Peluang Bisnis Ayam Geprek

5. Cilok

Cilok dan cireng adalah jajanan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka. Meskipun sama-sama terbuat dari aci, cilok dan cireng memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan utama terletak pada cara pengolahannya. Cireng digoreng hingga kering dan renyah, sedangkan cilok hanya digoreng sebentar hingga cilok mengapung dan teksturnya menjadi kenyal.

Cilok biasanya disajikan dengan bumbu saus dan kecap yang pedas, sedangkan cireng lebih sering dinikmati dengan bumbu rujak atau sambal.

Cilok dan cireng sama-sama memiliki cita rasa yang gurih dan disukai banyak orang. Keduanya mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Jawa Barat.

6. Mendoan

Mendoan, camilan khas Banyumas yang terbuat dari tempe goreng setengah matang, tidak hanya lezat tapi juga potensial untuk dijadikan peluang usaha.

Dengan modal kecil, Anda bisa mulai berjualan mendoan di area ramai seperti sekolah, perkantoran, atau tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Harga jualnya pun tergolong murah, yaitu Rp 1000-an hingga Rp 2000-an per potong, tergantung ukuran dan lokasi penjualan. Kemudahan dalam pembuatan dan keuntungan yang menjanjikan menjadikan mendoan pilihan tepat untuk usaha kuliner Anda.

Sajikan mendoan hangat dengan sambal kecap atau cabai rawit untuk menambah kelezatan. Tentu saja ini bisa jadi ide bisnis yang modal mini dan menguntungkan.

7. Es Lilin

Siapa yang masih ingat dengan es lilin? Jajanan dingin ini sempat menjadi primadona di kalangan anak-anak zaman dahulu semasa sekolah.

Rasanya yang segar dan harganya yang murah membuatnya digemari banyak orang. Namun, sekarang es lilin sudah jarang terlihat di pasaran.

Melihat hal ini, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Anda bisa menghidupkan kembali usaha es lilin dan menjualnya di sekolah-sekolah.

Hal ini tentu akan disambut antusias oleh para siswa yang ingin bernostalgia dengan jajanan masa kecil mereka. Tertarik untuk mengembangkan bisnis es lilin?

Baca: Merk Mentega

8. Pentol

Pentol, jajanan tradisional yang mirip bakso, menawarkan peluang bisnis yang menarik. Kandungan dagingnya yang lebih sedikit dibandingkan bakso.

Ini memungkinkan Anda menjualnya dengan harga lebih terjangkau, mulai dari Rp 1000an per pentol. Hal ini tentunya membuka peluang pasar yang lebih luas, menjangkau konsumen yang lebih beragam.

Keuntungan lain dari berjualan pentol adalah fleksibilitasnya. Anda dapat berjualan di mana saja dan kapan saja, baik di pinggir jalan, pasar tradisional, ataupun area keramaian.

Modal yang diperlukan pun relatif kecil, sehingga mudah untuk memulai usaha ini. Dengan potensi keuntungan dan kemudahannya, pentol bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner dengan modal kecil.

9. Cakwe

Cakwe, kudapan goreng renyah yang terbuat dari adonan tepung terigu, merupakan salah satu jajanan kaki lima yang tak lekang oleh waktu.

Sama halnya dengan pentol, cakwe menjadi primadona bagi para pecinta kuliner yang mencari camilan murah dan mengenyangkan.

Menjual cakwe bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan, terutama jika Anda berjualan di lokasi strategis seperti bazar. Permintaan terhadap cakwe yang tinggi, terutama di jam-jam sibuk, membuat bisnis ini cukup menjanjikan.

Dengan modal yang relatif kecil dan proses pembuatan yang tidak rumit, cakwe bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner.

10. Rujak

Ide bisnis jajanan 1000an berikutnya yang tak kalah prospek adalah rujak. Siang hari yang panas memang paling nikmat dinikmati dengan segelas es dan semangkuk rujak.

Perpaduan rasa manis, pedas, dan segar dari buah-buahan yang dipadukan dengan bumbu kacang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Menjual rujak bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, terutama di kalangan anak-anak sekolah SMP dan SMA di Indonesia.

Harga yang terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk porsi anak-anak, menjadikannya jajanan yang digemari. Selain itu, rujak juga mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak modal.

11. Kue Bolu

Menjual kue bolu bisa menjadi ide bisnis jajanan yang menguntungkan, dengan harga terjangkau karena bisa dijual mulai dari Rp 1.000 per pcs saja.

Bisnis ini idealnya dijalankan di toko pusat, seperti di area perbelanjaan atau dekat kampus. Kue bolu ini dapat dikemas menarik dan dijadikan oleh-oleh, jajanan untuk kondangan, atau snack wisuda.

Dengan harga yang murah dan rasa yang lezat, kue bolu ini dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, termasuk anak-anak hingga orang dewasa.

Kemudahan penyajian dan ketahanan kue bolu juga menjadi nilai tambah bagi pembeli. Anda pun bisa berbisnis kue bolu karena peminatnya tak pernah habis.

Baca: Contoh Usaha Makanan Ringan

12. Risol

Risol, camilan gurih dan renyah ini selalu digemari banyak orang. Menjadikannya peluang bisnis patut diperhitungkan. Modal kecil dan rasa yang mudah dipadupadankan menjadikan bisnis ini menjanjikan.

Anda dapat berjualan di depan sekolah, kampus, perkantoran, pasar, atau bahkan online. Bahan-bahannya pun mudah didapat seperti tepung terigu, telur, susu cair, garam, dan isian (ragout ayam, sayur, sosis).

Kreativitas dan ketelatenan adalah kunci dalam bisnis ini. Buatlah risol dengan rasa lezat dan unik, tawarkan berbagai isian menarik, jaga kebersihan, berikan harga kompetitif, dan promosikan melalui media sosial untuk menarik pembeli.

Dengan kegigihan, bisnis jualan jajanan risol Rp 1000an membuat Anda dapat berkembang pesat dan mendatangkan keuntungan yang memuaskan.

13. Kue Lapis

Kue lapis legit dengan teksturnya yang lembut dan rasa manis legitnya selalu menggoda selera. Menjualnya bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Anda dapat berjualan di toko kue, kafe, restoran, atau online melalui media sosial dan platform e-commerce. Menariknya, usaha ini bisa dirintis sendiri tanpa karyawan, terutama di awal-awal.

Buatlah resep lezat dan istimewa, gunakan bahan berkualitas tinggi, tawarkan varian rasa dan ukuran menarik, kemas dengan cantik, dan berikan harga kompetitif. Promosikan melalui media sosial, website, atau platform online lainnya.

Berikan pelayanan ramah dan memuaskan kepada pelanggan. Awali usaha dengan skala kecil, manfaatkan platform online untuk menjangkau pembeli, gunakan jasa pengiriman makanan online, berikan kemudahan pemesanan dan pembayaran, dan jaga komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Kesimpulan

Itu saja beberapa contoh kumpulan ide bisnis jajanan 1000an yang bisa kami berikan kepada Anda. Silahkan jadikan referensi untuk memulai bisnis Anda dan kami doakan semoga Anda sukses!