Pengertian Akuntansi

Pengertian akuntansi secara umum dan menurut para ahli, tujuan, fungsi, manfaat

DonaBisnis.com – Pengertian dan definisi akuntansi. Tanpa disadari, akuntansi adalah hal yang sangat dekat dengan hidup kita. Misalnya seperti saat Anda mencatat daftar belanjaan, mencatat pemasukan dan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, mencatat berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk listrik, tagihan air, jalan-jalan, dan sebagainya.

Itu semua masih berkaitan dengan pengertian akuntansi. Namun akuntansi tak hanya sebatas itu saja, akuntansi memiliki definisi dan cakupan yang lebih luas. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan mengenai pengertian akuntansi secara umum dan menurut para ahli.

Tidak hanya itu, kami juga akan mengulas mengenai tujuan kegiatan akuntansi, fungsi ilmu akuntansi, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian akuntansi /akun·tan·si/ adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya; hal yang berhubungan dengan akuntan; seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Kata akuntansi sendiri diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu accounting. Accounting artinya menghitung, sedangkan orang yang melakukan penghitungan atau melakukan kegiatan akuntansi disebut dengan akuntan.

American Accounting Association (AAA) menjelaska pengertian akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas serta tegas bagi pihak yang menggunakan informasi tersebut.

Sementara itu, American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) mengatakan akuntansi adalah seni mencatat, menggolongkan, dan meringkas yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi, serta kejadian yang setidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil yang diperolehnya.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian akuntansi yakni suatu proses mencatat, meringkas, atau mengolah data transaksi kemudian menyajikannya dalam bentuk yang lebih sederhana dan terklasifikasi. Akuntansi juga dapat dikatakan sebagai bentuk aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian akuntansi secara umum saja. Sejumlah ahli atau pakar juga mengemukakan pendapat mereka mengenai definisi dan penjelasan akuntansi. Berikut adalah pengertian asuransi menurut beberapa ahli yang berasal dari luar negeri dan Indonesia.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli dari Luar Negeri

1. Charles T Horngren dan Walter T Harrison

Menurut Horngren dan Harrison, pengertian akuntansi yaitu sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

2. Paul Grady

Menurut Paul Grady, pengertian akuntansi yaitu tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

3. Charles Littleton

Menurut Littleton, pengertian akuntansi adalah aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

4. West Churman

Menurut West Churman, pengertian akuntansi merupakan pengalaman tertulis yang gunanya untuk mengambil suatu keputusan yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

5. Carl Warren, Jim Reeve, Jonathan Duchac

Menurut Warren dkk, pengertian akuntansi yakni sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

6. Kieso

Menurut Kieso, definisi akuntansi terdiri dari tiga kegiatan yang mendasar yaitu identifikasi, pencatatan dan pengkomunikasian peristiwa ekonomi suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Perusahaan mengidentifikasi peristiwa ekonomi sesuai dengan kegiatan usahanya dan mencatat peristiwa tersebut untuk menyediakan catatan kegiatan keuangan.

7. C West Churman

Menurut C. West Churman, pengertian akuntansi yaitu pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

8. Horngern

Menurut Horngern, arti asuransi adalah sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.

9. Glen C Arnold

Menurut Glen C. Arnold, pengertian akuntansi adalah suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli dari Indonesia

1. Rudianto

Menurut Rudianto, definisi akuntansi ialah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

2. Mulyadi

Menurut Mulyadi, pengertian akuntansi adalah alat pencatatan dan penyajian data menjadi laporan keuangan yang bertujuan untuk memudahkan mengatur pengelolaan sebuah perusahaan atau lembaga.

3. Suparwoto L

Menurut Suparwoto L, pengertian atau definisi akuntansi adalah suatu sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, dan lainnya.

4. Sophar Lumbantoruan

Menurut Shopar Lumantoruan, pengertian akuntansi adalah piranti bisnis yang berisi tentang data atau informasi dan hanya dipahami dengan mekanisme tertentu yang telah disepakati dan dimengerti para penggunanya.

5. Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, pengertian akuntansi yaitu proses pengukuran aktivitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

6. Soemarso SR

Menurut Soemarso S. R., pengertian akuntansi yaitu sebuah proses untuk mengukur, mengidentifikasi, dan mengumpulkan data untuk dijadikan laporan informasi ekonomi, yang akan ditindaklanjuti untuk memberikan penilaian dan sebagai dasar pengambilan keputusan pihak terkait yang membutuhkan data atau informasi tersebut.

7. M Gede

Menurut M. Gede, definisi akuntansi adalah suatu ilmu terapan dan seni pencatatan menurut aturan dan sistem yang berlaku, yang dilakukan secara terus-menerus. Akuntansi merupakan proses pengolahan dan analisis catatan yang disusun menjadi sebuah laporan keuangan dan kinerja pada suatu lembaga atau perusahaan.

8. Ismail

Menurut Ismail, pengetian akuntansi merupakan suatu seni pencatatan, pengelompokkan, dan pengumpulan data yang hasilnya digunakan sebagai laporan aktivitas keuangan suatu lembaga atau perusahaan.

9. S Munawir

Menurut S. Munawir, pengertian akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagaian bersifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

10. Zaki Baridwan

Menurut Zaki Baridwan, pengertian akuntansi yaitu kegiatan jasa, fungsinya adalah memberikan data-data kuantitatif, utamanya yang memiliki sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memiliki alternatif-alternatif dalam suatu keadaan.

Tujuan Akuntansi

Merujuk pada pengertian akuntansi, secara umum tujuan akuntansi adalah untuk mencatat, mengumpulkan, dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kinerja, posisi keuangan, dan arus kas dalam sebuah bisnis. Informasi lainnya juga akan digunaan sebagai dasar dalam pembuatan keputusan ekonomi.

Bila dijabarkan lebih jelas, tujuan akuntansi terdiri dari tujuan secara umum, khusus, dan kualitatif. Berikut adalah penjelasan masing-masing tujuan akuntansi.

1. Tujuan Akuntansi Secara Umum

  • Memberikan informasi mengenai keuangan, baik itu aktiva (aset) atau passiva (utang dan modal) perusahaan.
  • Menyajikan informasi tentang perubahan pada berbagai sumber ekonomi (netto) perusahaan.
  • Menyuguhkan informasi mengenai keuangan perusahaan yang bisa membantu dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan.
  • Memberikan informasi tentang perubahan di berbagai sumber ekonomi perusahaan, entah itu aset, hutang, serta modal.
  • Menyuguhkan informasi lainnya yang berkaitan dengan laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan tersebut.

2. Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Tujuan akuntansi secara khusus adalah untuk menyediakan informasi dalam bentuk laporan khusus yang memuat posisi keuangan, hasil usaha, serta perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

3. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

  • Memberikan informasi yang relevan.
  • Memberikan informasi yang sudah teruji kebenaran dan validitasnya.
  • Informasi yang disampaikan bisa dimengerti oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan.
  • Memberikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan.
  • Memberikan informasi transaksi secara real time atau sesegera mungkin.
  • Informasi yang disampaikan harus sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) dan dapat diperbandingkan.
  • Penyampaian laporan keuangan harus secara lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan.

Fungsi Akuntansi

Sebelumnya pada pengertian akuntansi telah dijelaskan maksud dan definisinya. Sehingga akuntansi tentu saja dibutuhkan dalam bisnis atau usaha karena memiliki banyak fungsi. Berikut adalah beberapa fungsi akuntansi secara umum.

1. Mencatat Transaksi

Mencatat transaksi secara sistematis dan kronologis adalah fungsi utama dari akuntansi. Rekam catatan transaksi ini nantinya akan dikirim ke account ledger hingga akhirnya menyiapkan akun akhir tahun untuk diketahui profit dan loss dari bisnis dimulai saat akhir periode akuntansi berakhir.

2. Melindungi Properti dan Aset

Fungsi akuntansi yang selanjutnya adalah untuk menghitung jumlah peyusutan aset sebenarnya menggunakan metode yang tepat serta berlaku untuk aset tertentu. Disipasi yang tidak sah akan mengakibatkan kebangkuran bisnis. Akuntansi dirancang untuk melindungi properti dan aset bisnis dari pemakaian yang tidak sah.

3. Mengomunikasikan Hasil

Fungsi akuntansi yang berikutnya adalah untuk mengomunikasikan atau memberitahukan hasil dan transaksi yang dicatat ke semua pihak yang tertarik pada bisnis tertentu. Contohnya seperti invstor, kreditor, karyawan, kantor pemerintahan, peneliti, dan instansi lainnya.

4. Meeting Legal

Kemudian ada juga fungsi akuntansi yang berhubungan dengan perancangan dan pengembangan sistem. Contohnya seperti sistem untuk memastikan catatan dan pelaporan hasil selalu memeuhi persyaratan hukum. Sistem ini dibutuhkan untuk mengaktifkan kepemilikan atau wewenang untuk mengajukan berbagai pernyataan, misalnya seperti Pengembalian Penjualan-Pajak, Pengembalian Pendapatan Pajak, dan lain sebagainya.

5. Mengklasifikasikan

Selanjutnya fungsi akutansi adalah sebagai klasifikasi berkaitan dengan analisis sistematis dari semua data yang tercatat. Adanya klasifikasi pada akuntansi akan memudahkan pengelompokkan jenis transaksi atau entri. Aktivitas klasifikasi disebut dengan ledger.

6. Membuat Ringkasan

Fungsi akuntansi berikutnya adalah untuk meringkas. Aktivitas ini melibatkan penyajian data rahasia dengan penyampaian yang bisa dimengerti serta berguna bagi internal ataupun eksternal pengguna akhir dari laporan akuntansi tersebut.

7. Analisis dan Menafsirkan

Terkahir, fungsi akuntansi sebagai analisis dan menafsirkan data keuangna. Data keuangan yang telah diproses melalui proses analisis akan diinterpretasikan dengan cara yang mudah dimengerti sehingga bisa membantu dalam membuat penilaian tentang kondisi keuangan dan profitabilitas operasional bisnis.

Manfaat Akuntansi

Tak hanya sekedar memiliki tujuan dan fungsi, akuntansi juga memiliki manfaat yang sangat penting. Hal ini sesuai pada pembahasan pengertian akuntansi yang telah kami bahas sebelumnya bahwa akuntansi memegang peran penting dalam mengelola keuangan.

Manfaat akuntansi juga cukup penting bagi bisnis karena memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat akuntansi yang perlu dikeahui.

1. Menjadi Informasi Keuangan

Proses akuntansi akan memberikan informasi keuangan bagi pihak yang memerlukannya, entah itu pihak internal atau eksternal. Informasi keuangan dapat dijadikan dasar dalam mengambil keputusan selanjutnya.

2. Menjadi Bahan Evaluasi Keuangan

Dengan mengetahui informasi mengenai keuangan, maka wirausaha atau perusahaan bisa mengetahui apa tindakan yang perlu dilakukan. Contohnya setelah melakukan pencatatan keuangan, seseorang bisa mengetahui keuangannya mengalami masalah karena terlalu sombong dalam membeli kuota internet.

3. Menjadi Alat Kontrol dan Bukti Keuangan

Pencatatan keuangan yang dilakukan dengan baik bisa membantu kita dalam mempertanggungjawabkan keuangan tanpa menebak-nebak pengeluaran. Akuntansi juga bisa menjadi alat kontrol untuk mengendalikan keuangan. Seseorang atau perusahaan bisa memiliki dasar dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki.

4. Menjadi Alat untuk Mengelola Keuangan

Pencatatan keuangan akan membantu semua pihak mengelola keuangannya. Dengan akuntansi, maka kita bisa mempertimbangkan berbagai keperluan sehari-hari sehingga pengeluaran tidak akan membengkak.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian dan definisi akuntansi secara umum serta menurut para ahli. Intinya pengetian akuntansi itu beragam, namun istilah akuntansi mulai banyak dipakai ketika seseorang melakukan kegiatn ini.

Di Indonesia dan dunia, terdapat banyak sekali tokoh akuntansi yang tentunya juga paham sejarah abad kekosongan serta syarat-syarat akuntansi secra garis besar. Peran akuntansi menjadi lenging karena prosesnya yang dilakukan untuk memberi manfaat dalam makalah.

Syarat-syrat akuntansi yang berkualitas pun telah kami jelaskan. Penggunaan akitansi sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan sebelumnya. Teori akuntansi juga menjadii semakin beragam dan bila kita tak memahami definisinya secara detail.

Tinggalkan komentar