Cara Bisnis Rumah Makan

Tips Menjalani Bisnis di Bidang Kuliner

Donabisnis.com – Cara bisnis rumah makan agar sukses. Salah satu bisnis yang selalu dibutuhkan setiap waktu adalah bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan primer manusia. Di antaranya adalah bisnis kuliner.

Dengan mendirikan rumah makan, terutama di daerah yang ramai atau tempat wisata, ini akan menjadi peluang bisnis yang dapat mendatangkan untung besar meski dengan modal kecil.

Tapi sejujurnya bisnis ini memiliki banyak saingan karena memang peminatnya begitu besar. Agar tidak kalah terutama dengan yang memiliki modal besar kita tentu saja harus menentukan strategi bisnis yang tepat dan jitu.

Misalnya dalam promosi makanan kita harus menggunakan kata promosi makanan yang menarik. Selain itu juga jangan lupa untuk melakukan promosi tempatnya dengan kalimat promosi tempat makan yang menarik.

Tidak hanya kedua hal tersebut yang penting dilakukan, masih ada berbagai tips dan trik cara bisnis rumah makan agar laris manis, banyak pelanggan, untung besar, untuk pemula. Kami membahasnya di bawah ini.

Cara dan Tips Bisnis Rumah Makan agar Laris

Tanpa banyak basa basi lagi langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang cara dan tips menjalankan bisnis rumah makan, restoran, cafe, bistro, warung, agar sukses dan untung besar.

1. Kumpulkan Modal

Setiap bisnis, tak terkecuali usaha rumah makan perlu diawali dengan modal. Modal ini bisa diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya adalah meminjam, mendapat uang dari orangtua, menjual aset, dan lain sebagainya.

Di mana nantinya modal ini akan menjadi pondasi utama penentu keberhasilan usaha tersebut. Dan juga, modal berguna untuk mengembangkan usaha jika ingin mengembangkan usaha ini secara lebih luas

2. Kenali Pembeli

Bila Andamembuka warung makan di daerah tertentu, kenali dulu karakter pembelinya. Misalnya mereka suka masakan seperti apa? Pedas, manis, atau asin? Jangan sampai Anda menawarkan menu yang mereka sendiri tak menyukainya.

Bukan berarti anda hanya bisa membangun usaha warung makan yang berisikan menu di daerah menu tersebut berasal saja. Bukan, hanya saja kenali kebanyakan karakter pembeli di daerah tersebut.

3. Tentukan Menu Utama

Tentukan pula menu utama dalam bisnis makanan Anda untuk memikat pencinta kuliner agar mau bersantai, berkunjung, sambil mencicipi masakan di tempat makan Anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam referensi masakan ternama yang informasi resepnya bisa didapatkan dengan mudah lewat website atau YouTube.

4. Jaga Kebersihan

Salah satu hal yang mencolok pada sebuah warung makan adalah kebersihannya. Seperti tips bisnis kuliner online, orang-orang tidak hanye memerlukan rasa yang nikmat dan lezat tapi juga tata kebersihan dari warung tersebut.

Jika terlihat sangat berantakan dan jorok, siapa yang mau mampir dan menghabiskan makanan yang ada di sana? Pastinya orang-orang akan mempertanyakan kelayakan, kemanan dari masakan tersebut. Jadi usahakan untuk selalu menjaga kebersihan yang ada di warung dan lingkungan sekitar.

5. Pilihan Menu

Sebuah rumah makan yang memiliki banyak menu pilihan akan lebih mudah digemari ketimbang warung makan yang menunya terbatas dan tak pernah divariasikan. Maka dari itu, cobalah mengombinasikan berbagai menu atau mengganti suasana menu tersebut. Jadi, pembeli akan merasa lebih tergiur dan tak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

6. Pemasok Bahan Baku Masakan

Pastinya setiap warung makan memiliki pemsok bahan uatama masakannya sendiri seperti cara memulai bisni rempah-rempah. Jadi, untuk mendapatkan harga yang bersahabat dnegan kualitas barang terbaik, pastikan anda menggunakan jasa pemasok yang terpercaya dan sudah direkomendasikan oleh banyak orang.

Pemilihan pemasok yang tepat juga berperan penting dalam kelancaran usaha warung makan ini. carilah yang selalu memberikan pelayanan terbaik, harga terjangkau dan kualitas yang tidak diragukan.

7. Sumber Daya Manusia

Yang dimaksud SDM di sini adalah tukang masak, sang pelayan dan kasir misalnya. Jika anda masih dalam tahapan awal dan memiliki modal pas-pasan maka anda bisa membuka warung makan ini dengan bantuan keluarga.

Jadi, anda tidak trelalu repot memasak sendiri, menghidangkan dan menunggu kasir. Ini juga sangat hemat tanpa perlu membayar mahal untuk menggunakan jasa para karyawan lainnya.

8. Jadwal Buka dan Tutup

Pastikan pula Anda membuka warung makan pada saat-saat tertentu yang bisa mengoptimalkan pesanan. Misalnya pada pagi hari saat sarapan atau malam hari untuk dinner dan nongkrong, ini harus disesuaikan dengan jenis masakan dan menu makanan yang Anda tawarkan kepada para pelanggan.

Jadi, pembeli lebih teratur dan bisa mengikuti kapan anda akan membukan dan kapan warung makan tersebut telah tutup. Ini juga penting untuk mengatur dan mengendalikan aktifitas anda sebelum berjualan.

9. Promosi

Cobalah untuk memaksimalkan usaha promosi untuk warung makan anda. Anda bisa melakukan promosi mulai dari tetangga dan lingkungan sekitar. Dan ingin menjangkau lebih luas lagi pemasaran warung makan anda tersebut? Ada kok solusinya.

Salah satunya adalah dengan memaksimalkan penggunaan Sosmed. Sosial media adalah alat penting yang sangat berpengaruh pada penjualan dan promosi produk maupun jasa apapun sekarang ini. Jadi, anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya dan waktu.

10. Konsisten

Dalam mengembangkan sebuah usaha, apapun itu jenisnya Anda harus mengembangkannya secara konsisten serta tidak mudah menyerah. Meski ada kendala, Anda harus mencari tahu penyebab dan cara menyelesaikannya. Jangan mudah goyah dan tak konsisten agar usaha Anda bisa berkembang dengan baik.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara bisnis rumah makan untuk pemula. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan bisnis rumah makan Anda agar semakin dikenal luas.

Baca:

Tinggalkan komentar