Cara Bisnis Travel Umroh

Tips Memulai Berbisnis Biro Umroh Haji

Donabisnis.com – Cara bisnis travel umroh haji. Salah satu peluang usaha travel yang sangat menguntungkan adalah travel umroh dan haji. Mengingat Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Setiap tahunnya kita memberangkatkan banyak sekali jemaah haji, belum lagi setiap bulannya yang pada umroh. Bisa dipastikan peluang bisnis ini tidak akan pernah mati dan selalu terbuka.

Tapi ingat, selain membutuhkan modal besar, menjalani bisnis ini juga perlu bisnis model canvas yang jelas. Pasalnya persaingan di sektor ini adalah pemain-pemain besar yang sudah memiliki nama.

Seperti kita ketahui, orang Indonesia lebih suka memilih membayar mahal ke biro travel umroh dan haji terpercaya dibandingkan bayar murah untuk biro travel haji dan umroh yang belum punya nama.

Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri terutama bagi yang baru memulai bisnis ini. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan mengulas cara memulai bisnis travel haji dan umroh agar sukses dan berhasil.

Cara dan Tips Bisnis Travel Umroh dan Haji

Simak ulasannya di bawah ini mengenai cara dan tips jitu menjalankan bisnis travel umroh dan haji untuk pemula agar sukses untung besar, omzet tinggi dan mendapatkan banyak pelanggan.

1. Siapkan Modal

Modal yang dimaksud di sini bukan hanya ide dan kesiapan dari segi perizinan dan semacamnya, namun juga uang karena ini sangt vital. Anda bisa membuat persiapan dengan modal kurang lebih Rp 200-300 juta untuk terhubung dengan biro travel umroh. Modalnya lumayan besar karena harus mempersiapkan banyak hal, di antaranya sebagai berikut.

  • Deposit sedikitnya yang ditentukan oleh Kemenag adalah sebesar Rp 100 juta untuk biro travel umroh, dan Rp 500 rupiah untuk biro travel haji.
  • Sewa daerah usaha, andaikan ruko di daerah strategis
  • Pengadaan perlengkapan kantor
  • Deposit ke sejumlah rekanan seperti maskapai penerbangan, katering, hotel, dll.
  • Mengurus perijinan
  • Mencetak brosur, banner, dsb
  • Cadangan gaji karyawan selama 3 bulan
  • dan lain-lain

2. Siapkan Tempat Usaha

Bila Anda pemula, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk berinvestas properti bisnis yang bisa Anda gunakan sebagai kantor tempat usaha. Dibanding membangun lokasi tempat bisnis, Anda bisa menyewa sebuah kantor di derah yang lumayan strategis.

Selain hemat biaya, Anda termasuk tidak kudu menunggu lama untuk sistem pembuatan kantor daerah bisnis Anda. Kecuali Anda miliki daerah yang lumayan strategis, maka Anda bisa pakai sumber energi yang tersedia tersebut.

Untuk awal, Anda bisa menyewa kantor yang tidak sangat besar. Seiring dengan perkembangan bisnis Anda, Anda bisa menyewa kantor yang lebih besar.

3. Persiapan Awal Perusahaan

Sebelum mengawali bisnis biro travel umroh, persiapkan juga niat yang lurus. Berbisnis bukan hanya soal untung dan rugi melainkan ada nilai rohani karena membantu umat muslim menjalani ibadah di Tanah Suci. Sebenarnya seluruh bisnis juga harus dilandasi dengan niat.

Sehingga di dalam menggerakkan bisnis, Anda bisa lebih tenang, fokus, dan ingat bahwa Allah yang sesuaikan segala yang Anda di dunia ini termasuk rezeki Anda.Dengan landasan tersebut, Anda dapat bisa menggerakkan bisnis ini dengan hati-hati. Apalagi bisnis yang Anda rintis adalah bisnis yang sarat dengan orientasi akhirat.

Anda dapat menolong orang lain untuk beribadah, supaya tersedia nilai-nilai ukhrawi yang menempel di dalam bisnis Anda.Jangan dulu berbisnis jika niat Anda menipu konsumen/jamaah, dan memberikan layanan paling baik Anda harusnya Anda menginginkan meraih layanan dari orang lain.

4. Urus Perizinan dan Legalitas Usaha

Anda tidak bisa menggerakkan bisnis travel umroh jika tidak mengantongi izin dari kemenag sebagai PPIU. Selain itu, Anda kudu mengurus pula izin bisnis seperti pendirian PT, izin wilayah usaha, NPWP, dan sebagainya.Usahakan perizinan Anda lengkap, supaya kredibilitas perusahaan Anda bisa dipertanggungjawabkan.

5. Rekrut SDM Berpengalaman

Anda juga perlu merekrut sumber daya manusia atau SDM sebagia karyawan biro travel umroh. Anda tidak akan bisa mengurus semuanya sendiri dan sebagai langkah awal Anda bisa merekrut setidaknya 2 karyawan staff keuangan, 1 konsumen layanna, dan 1 humas/marketing.

Rekrutlah karyawan yang telah memiliki pengalaman di bidang ini, sedikitnya 1 th. bekerja dibidang travel umroh atau travel terhadap umumnya. Dengan merekrut karyawan yang telah berpengalaman, Anda dapat menghemat saat dan ongkos untuk training karyawan. Setidaknya, mereka miliki skill yang bisa diandalkan untuk mempercepat kemajuan bisnis Anda.

6. Mulai Berpromosi

Nah, sesudah persiapan Anda matang, Anda kudu menyusun strategi bagaimana untuk berpromosi. Anda biasa pakai cara konvensional seperti mencetak dan menyebar brosur/flyer, atau menempuh cara moderen dengan pakai promosi di sarana sosial dan website. Untuk menghemat biaya, Anda bisa laksanakan keduanya.

Usahakan untuk memaksimalkan seluruh saluran promosi yang ada, supaya orang-orang dapat mengerti bisnis baru Anda. Anda bisa meraih jamaah pertama Anda dengan cara laksanakan promosi gencar seperti mengadakan giveaway umroh gratis atau potongan harga untuk 10 jamaah pertama yang mendaftar.

7. Buat Website Profesional

Pada era digital seperti sekarang, kurang afdol rasanya bila tidak memiliki website perusahaan. Anda bisa membangun website dengan mudah, untuk membuat bisnis travel umroh dan haji lebih profesional. Akan lebih maksimal lagi bila Anda juga membuat aplikasi platform Androidnya.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara bisnis travel umroh dan haji. Semoga dapat menjadi inspirasi dan referensi supaya bisnis travel haji dan umroh Anda berkembang dengan cepat sesuai yang diinginkan.

Baca:

Tinggalkan komentar