Contoh Strategi Pemasaran Produk

Contoh Marketing Barang dan Jasa yang Efisien

Donabisnis.com – Contoh strategi pemasaran produk. Dalam memasarkan sebuah produk kita memerlukan strategi pemasaran yang tepat dan jitu agar tidak salah langah nantinya.

Strategi pemasaran ini mencakup kepada siapa tujuan pemasaran atau promosi produk kita ditujukan. Selain itu media promosi, durasi, estimasi budget, dan sebagainya juga penting untuk dipertimbangkan.

Dalam pembuatannya, tentu saja perlu melibatkan orang-orang yang ahli di bidangnya. Jangan sampai menggunakan jasa orang yang tak berpengalaman dan pada akhirnya menjadikan pemasaran produk tak berjalan lancar.

Namun tentu saja pemasaran produk ini juga perlu berbagai referensi. Dengan referensi ini para SDM yang telah terpilih untuk melakukan pemasaran dapat membuat inovasi yang tepat agar produk bisa semakin dikenal masyarakat.

Untuk itu pada kesemaptan ini kami ingin memberikan beberapa contoh strategi pemasaran produk yang bisa ditiru oleh masyarakat. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

Contoh Strategi Pemasaran Produk Barang dan Jasa yang Menarik

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak ulasan lengkap tentang contoh strategi pemasaran produk dan jasa yang menarik. Berikut pembahasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pemasaran Sosial Media

Perkembangan dunia internet di Indonesia berdampak pada hadirnya sosial media yang menjadi kebutuhan banyak orang. Di sana Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan usaha, sebab sosial media menjadi layanan paling jitu untuk memasarkan produk atau jasa.

Fitur-fitur yang tersedia di beraneka sosial media sementara ini terlalu menolong untuk memasarkan beraneka bisnis. Salah satu misal sosial media yang kerap menjadi langganan untuk berbisnis adalah Instagram.

Sosial media yang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video ini terlalu baik untuk berbisnis. Tidak cuma itu, pemanfaatan tagar didalam Instagram mampu untuk menjaring costumer baru. Dengan terdapatnya sosial media, pemasaran product menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

2. Membuat Website

Selain memanfaatkan sosial media, Anda juga bisa membuat website untuk memasarkan bisnis. Adanya website sangat membantu untuk mempromosikan bisnis menjadi lebih profesional. Contohnya adalah seseorang yang memiliki bisnis dekorasi pernikahan.

Agar lebih profesional, si pemilik bisnis tidak cuma manfaatkan sosial media tapi terhitung mampu manfaatkan website. Hal ini punya tujuan untuk membawa dampak bisnis yang digeluti orang tersebut dikenal banyak orang dan mampu dicari di mesin pencari layaknya Google. Membuat situs sebagai siasat pemasaran mampu dibilang gampang-gampang susah.

3. Penjualan Melalui Marketplace

Tak hanya media sosial saja yang banyak digunakan, namun banyaknya marketplace juga menjadi imbas dari perkembangan internet. Tak hanya satu situs saja, bahkan lebih dari 100 marketplace ada di Indonesia.

Setiap marketplace terhitung mempunyai fitur sendiri-sendiri yang berbeda. Menggunakan marketplace menjadi siasat promosi yang tepat dikarenakan di marketplace bisnis yang ditunaikan mampu dipasarkan bersama kategori tertentu.

Contohnya tersedia seseorang yang mempunyai bisnis menjual beli motor, maka motor yang dipasarkan di marketplace ini dapat masuk ke kategori motor. Dengan memasarkan cocok kategori, maka orang dapat melacak barang bersama mudah.

4. Membuat Video Promosi Melalui YouTube

Mendengar kata Youtube pasti yang terbayang adalah platform yang berisi banyak video bersama beraneka kategori. Misal kategori gaming, horror, vlog, dan lain-lain.

Tidak cuma sebagai media untuk membawa dampak konten, Youtube menjadi layanan yang tepat untuk menjadi siasat promosi untuk usaha. Hal ini dikarenakan video lebih gampang menarik perhatian orang dibandingkan bersama teks.

Video untuk promosi terhitung mampu manfaatkan beraneka metode, terasa berasal dari durasi yang panjang, video promosi bersama animasi, dan lain-lain. Hal yang paling perlu berasal dari pemasaran bersama video promosi ini adalah bagaimana video yang dibikin mampu menarik perhatian orang.

5. Pemasaran Dengan Menggunakan Meme

Memasarkan bisnis di media sosial bisa menjadi langkah yang jitu, amun pernahkah Anda menggunakan meme? Bila bisnis Anda menyasar kalangan muda, maka cara ini bisa menjadi salah satu strategi promosi yang efektif dan efisien.

Promosi product melalui meme ini terhitung dapat lebih gampang tersebar, mengingat banyak sekali akun sosial media yang menyajikan meme kepada pengikutnya. Tidak menutup kemungkinan, bisnis yang ditunaikan bersama manfaatkan siasat promosi via meme dapat disebarkan di akun meme sosial media.

6. Endorsement Kepada Selebgram

Dengan perkembangan internet dan terhitung Instagram membawa dampak orang-orang bersama followers banyak di Instagram menjadi pusat perhatian. Istilah kekinian untuk orang-orang layaknya itu adalah selebgram atau selebriti instagram. Adanya para selebgram ini terlalu memudahkan untuk menjadi siasat promosi product melalui langkah endorsement.

Para selebgram ini mampu dihubungi melalui pesan di Instagram atau direct message untuk bertanya perihal harga endorsement. Endorsement didalam Instagram terhitung mempunyai nama lain yaitu paid promote atau promosi berbayar. Jadi bersama terdapatnya endorsement, bisnis yang ditunaikan dapat jadi dikenal banyak orang dikarenakan dipromosikan oleh selebgram.

7. Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

Tentunya di jalur raya kerap ditemukan sebagian spanduk menarik yang mampu membawa dampak seseorang tergelitik atau takjub bersama spanduk tersebut. Ada terhitung spanduk yang dikibarkan di jalanan bersama kuantitas banyak tiap meternya. Hal tersebut menjadi misal siasat promosi yang unik tapi menyebalkan. Cara layaknya ini bagai pisau bermata dua, mampu untungkan dan mampu saja merugikan.

8. Memahami Target Pasar Produk

Sebelum menjalankna promosi di atas, para pengusaha sudah harus memahami produk yang dipromosikan ini bisa menyasar kalangan mana saja. Contohnya jika sasarannya kalangan muda, maka sosial media bisa menjadi pilihan.

9. Masuk ke Komunitas Sesama Pebisnis

Dalam mobilisasi bisnis pasti tidak mampu sendirian, setidaknya seorang pengusaha harus membutuhkan rekan sesama pebisnis. Adanya rekan sesama pengusaha ini punya tujuan untuk saling berbagi perihal bisnis yang dijalankan, berbagi tips promosi, serta tidak jarang berkolaborasi untuk membawa dampak bisnis baru.

10. Memperluas Relasi dengan Media

Tak hanya meluaskan relasi ke sesama pebisnis, namun para pengusaha juga harus memperluas relasi dengan media. Pemasaran ini tergolong efektif menjadi solusi supaya bisnis yang dijalankan bisa menarik banyak konsumen.

Saat ini telah banyak bisnis yang ditunaikan oleh banyak orang serta terhitung banyak strategi-strategi pemasaran yang ditunaikan oleh mereka. Bagi para pengusaha pemula sebetulnya tidak ada

salahnya untuk mencoba siasat promosi di atas bersama tujuan menarik konsumen. Satu lagi, jika langkah di atas belum terlalu menarik maka jangan menyerah. Masih tersedia jalur menuju kesuksesan.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap tentang contoh strategi pemasaran produk yang menarik. Semoga bisa memberi wawasan lebih kepada Anda yang ingin membuat strategi pemasaran produk dengan tepat.

Baca: