Contoh Usaha Rumahan

Beberapa Bisnis di Rumah Kecil-kecilan

Donabisnis.com – Contoh usaha rumahan. Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa dijalani dengan mudah. Bahkan bagi pemula, pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga sekalipun.

Berbagai jenis usaha di rumah kecil-kecilan tersebut antara lain usaha kuliner, katering, minuman kekinian, desain digital, menulis, fotografi dan videografi, serta masih banyak lagi.

Ketika ingin menjalani bisnis rumahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah sudah memiliki pasar. Boleh tetangga sekitar, kenalan teman, sahabat, maupun orang-orang terdekat.

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan jika kita baru mulai bisnis, tentu saja bisnis atau usaha kita belum dikenal meski sudah promosi sana sini. Dengan menjualnya ke orang terdekat, sudah pasti mereka membeli dan menginfokannya ke kenalan lainnya.

Nah pada kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa contoh usaha dan bisnis yang menjanjikan serta menguntungkan. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan lengkap berikut.

Daftar Contoh Usaha dan Bisnis Rumahan

Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha dan bisnis rumahan yang menguntungkan. Simak langsung pembahasan lengkap pada ulasan di bawah berikut ini.

1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Dengan perkembangan zaman yang sangat maju, telepon telah menjelma menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan. Melihat hal ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk berjualan pulsa elektrik dan paket internet sehingga menjadi penambah pemasukan harian.

Usaha rumahan yang satu ini ternyata tidak memerlukan modal yang besar. Hal yang perlukan semata-mata sebuah telepon genggam yang dibutuhkan untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.

Untuk memulai bisnis ini, kamu sanggup mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang sanggup kamu cari secara online.

2. Berjualan Camilan/Makanan

Jual makanan atau cemilan adalah kesempatan bisnis yang tak pernah mati. Dengan potensi yang besar, dibutuhkan setidaknya riset bisnis yang dilakukan di sekitar tempat tinggal Anda.

Berikut adalah beberapa opsi bisnis kuliner yang sanggup dicoba di rumah: berjualan aneka kue, Brownies kukus, Donat, Kue Bolu, Kue Lapis, Risoles. Usaha ini terlalu sesuai jikalau tempat tinggal kamu berlokasi di daerah yang ramai seperti yang dekat bersama kampus, perkantoran, atau sekolah.

3. Membuka Jasa Laundry Kiloan

Pada saat ini banyak orang ingin hal yang serba praktis, tak terkecuali mencuci baju kadang juga mereka merasakan kemalasan. Banyak orang lebih suka menggunakan jasa cuci baju atau yang lebih dikenal dengan nama laundry maupun binatu.

Salah satunya adalah membersihkan baju. Dengan kesempatan seperti ini, terhubung bisnis laundry kiloan sanggup menjadi ladang emas yang siap dikeruk. Dengan wilayah yang tepat dan kiat pemasaran yang direncanakan bersama matang, bisnis rumahan ini dapat segera menambahkan pundi-pundi tambahan.

4. Membuka Jasa Penjahit Pakaian

Jika kamu membawa hobi menjahit, kamu sanggup bertekun bisnis ini di rumah. Mungkin bisnis yang satu ini terdengar ketinggalan zaman. Usaha ini selamanya dibutuhkan oleh orang karena banyak sekali kesempatan bisnis yang sanggup kamu manfaatkan.

Bayangkan saja berapa pernikahan yang berlangsung didalam setahun dan hitung berapa seragam pernikahan yang sanggup kamu jahit.

5. Membuka Jasa Tempat Cuci Motor

Jasa tempat cuci motor merupakan contoh suaha modal kecil yang bisa dilakukan di rumah. Bagaimana tidak, Anda bisa melihat daerah Anda, seberapa banyak motor lewat di jalanan depan rumah Anda.

Belum lagi saat musim hujan datang, pelanggan bersama motor kotornya dapat jadi bertambah. Dengan modal tidak hingga 8 juta, kamu sudah sanggup terhubung bisnis ini.

6. Membuka Rental Play Station

Dunia gim dapat terus berkembang bersamaan berkembangnya teknologi. Orang-orang pun tidak ingin ketinggalan untuk mencicipi kesenangan yang ditawarkan oleh konsol ini.

Jika wilayah tempat tinggal kamu berada di daerah yang ramai orang, kamu sanggup coba bisnis rumahan yang satu ini. Dengan bermodal 2 TV dan 2 Play Station 4, kamu sudah sanggup terhubung rental sendiri di rumah.

Walaupun modal yang dikeluarkan cukup besar, bisnis ini adalah bisnis yang cepat balik modal mengingat animo masyarakat, apalagi para remaja, pada gim.

7. Membuka Jasa Foto dan Video

Usaha rumahan yang satu ini sanggup menjadi kesempatan yang cukup menjanjikan untuk dipraktikkan. Semua orang bisa saja sanggup mengambil alih gambar atau merekam video, tetapi tidak seutuhnya sanggup melakukannya secara profesional.

Inilah saat yang tepat untuk kamu isikan “gap” yang tidak terisi ini. Jasa foto dan video yang kamu membuka sanggup melayani beraneka macam kepentingan seperti acara penikahan, foto wisuda, dan masih banyak lagi.

Modal yang kamu perlukan semata-mata ruangan yang sanggup dipakai untuk studio, kamera, dan computer untuk kepentingan editing.

8. Jasa Pemberi Feedback untuk Website Baru

Usaha memberi feedback untuk website baru juga me njadi salah satu usaha yang digemari kalangan freelancer. Dengan modal koneksi internet saja, Anda bisa memulainya di rumah. Apalagi di zaman sekarang kebutuhan akan website semakin banyak, maka Anda bisa mencoba bisnis ini.

Besar kecilnya bayaran berasal dari pekerjaan ini terkait oleh seberapa account yang sanggup dipakai untuk berikan feedback di situs perusahaan yang mempekerjakan kamu.

9. Membuka Warung Kopi

Kopi merupakan tidak benar satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Hal ini sanggup dibuktikan bersama menjamurnya kafe yang menawarkan beraneka type kopi di tiap tiap sudut kota.

Dengan bermodalkan teras dan mesin kopi, kamu sudah sanggup terhubung kedai kamu sendiri. Namun, mesti diingat terhitung bahwa kamu mesti sedikit latihan untuk mengolah kopi bersama baik.

Jika dikelola bersama baik, bukan tidak bisa saja bisnis rumahan ini sanggup berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

10. Budidaya Ikan Hias

Harga ikan hias terkadang cukup tidak masuk akal. Contohnya, ikan lohan yang sudah menjadi harganya ditaksir sanggup meraih ratusan juta. Jika kamu puas sekali bersama ikan dan tertarik untuk menjadikannya ladang uang, kamu sanggup coba bisnis budidaya ikan hias.

Bisnis ini mesti dilaksanakan bersama nyata-nyata karena kamu bakalan berinvestasi banyak sekali duwit di sini. Beberapa tips berhasil menggerakkan bisnis ikan hias adalah sebagai berikut:

  • Mencari type ikan hias yang dihargai tinggi
  • Mempelajari sistem pasar ikan hias
  • Mempelajari cara mengembang biakan ikan hias sehingga bisnis ini sanggup bertahan lama
  • Mengikuti forum dan komunitas ikan hias untuk jadi besar lingkaran bisnis
  • Mempromosikan bisnis bersama kiat yang tepat.

11. Membuka Jasa Desain Grafis

Usaha atau bisnis jasa desain grafis rumahan juga sudah tak asing didengar. Bisnis ini berkembang sangat pesat didukung perkembangan teknologi yang membuat desain menjadi semakin bagus dan mudah digunakan.

Selain itu, masyarakat yang puas bersama hal-hal praktis tentu saja dapat melacak jasa yang sanggup memudahkan pekerjaan mereka. Beberapa type bisnis desain grafis yang sanggup kamu coba di tempat tinggal meliputi sebagai berikut:

  • Desain gambar T-shirt
  • Desain situs atau blog
  • Desain animasi 3D
  • Desain logo, kartu nama, dan banner iklan

12. Membuka Jasa Servis Barang Elektronik

Bisnis ini sesungguhnya terdengar ketinggalan zaman. Namun, jangan salah, banyak sekali orang yang masih memerlukan jasa ini.

Seiring bersama kemajuan teknologi, tentu banyak sekali barang-barang elektronik yang diproduksi. Jika kamu puas bersama bidang elektro atau merupakan lulusan jurusan sejenis, kamu sanggup coba bisnis yang satu ini di rumah.

13. Membuka Pertamini di Depan Rumah

Usaha ini sesuai sekali untuk kamu yang mempunyai tempat tinggal di pinggir jalur yang ramai di lewati kendaraan. Dengan penampilan yang lebih menarik, tentu saja Pertamini mempunyai nilai jual lebih daripada saingannya, tukang bensin eceran.

Inilah perhitungan kasar rincian modal yang dibutuhkan untuk bisnis Pertamini:

  • Harga Pertamini: Rp5 juta
  • 100 liter bensin: Rp750 ribu (dengan asumsi harga per liter Rp7.500)
  • Biaya listrik per bulan: Kurang lebih Rp60 ribu
  • Alat pemadam kebakaran portabel: Rp 150 ribu
  • Biaya darurat atau tambahan: Rp 1,5 juta
  • Total biaya: Rp7.460.000

14. Menjadi Agen PPOB

Hampir mirip dengan bisnis pulsa elektrik, contoh usaha rumahan ini bisa dikatakan sangat menjanjikan. PPOB atau payment point online banking merupakan bisnis agen pembayaran resmi. Dengan menjadi agen PPOB, ini beberapa hal yang bisa dilayani.

  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Pembayaran tagihan listrik
  • Pembayaran tagihan TV berlangganan
  • Pembayaran tagihan internet dan telepon
  • Pembelian tiket pesawat hingga kereta api

Sebelum memulai, alangkah baiknya untuk mengerti syarat dan tata cara didalam menggerakkan bisnis ini.

15. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang

Sebagai tidak benar satu bisnis yang mengakibatkan kehidupan lebih mudah, bisnis ini terlalu menjanjikan karena orang puas sekali bersama perihal yang praktis. Sebelum memulai bisnis ini, kamu mesti mengakibatkan riset terlebih dahulu sehingga investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Setelah menyatukan modal duwit dan pengetahuan, kamu sanggup memulai bisnis ini tanpa kesangsian lagi. Untuk kiat penjualan, kamu sanggup mengajak para pembeli untuk berlangganan dan juga titipkan product kamu di warung sembako kurang lebih rumah.

16. Menjadi Youtuber

Untuk menjadi youtuber, kamu mesti mempunyai kreativitas yang tinggi dan kapabilitas didalam menyunting video untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Jika kamu mempunyai seluruh kapabilitas di atas, bisnis rumahan yang satu ini sanggup dijadikan pilihan.

Pasalnya, jikalau kamu sanggup konsisten didalam menghadirkan konten yang berkualitas, pendapatan yang didapat berasal dari bisnis ini sanggup dibilang tidak kecil, lo.

17. Membuka Kursus Memasak

Ini adalah bisnis rumahan di kota yang tidak boleh dilewatkan. Pastinya, banyak sekali orang yang ingin sekali studi memasak, tetapi tidak mengerti bagaimana mesti memulai.

Jika kamu mempunyai bakat didalam meracik bumbu untuk makanan, jangan sia-siakan kesempatan yang satu ini. Tak mesti banyak modal, kamu hanya mesti menyiapkan peralatan dapur dan bahan-bahan memasaknya saja!

Beberapa kursus yang sanggup kamu membuka meliputi mengakibatkan kue, mengakibatkan aneka snack, memasak makanan khas daerah, dan masih banyak lagi.

18. Konsultan SEO

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, tampaknya aneka macam pekerjaan baru bermunculan. Salah satunya adalah jasa SEO. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang memerlukan traffic dari mesin pencari.

Pekerjaan ini sendiri sanggup disebut sebagai bisnis rumahan karena kamu sanggup melakukannya di rumah. Jika kamu mempunyai pengalaman didalam dunia SEO, jangan hingga membebaskan kesempatan emas yang satu ini, ya!

19. Ternak Kroto

Siapa sangka ternak kroto sanggup menjadi bisnis kecil-kecilan yang untung di rumah? Telur kroto di alam liar saat ini sudah terlalu sukar ditemukan. Padahal, permintaannya di pasar terus naik, lo. Dengan modal yang terlalu kecil, kamu sanggup jalankan bisnis ini di pekarangan rumahmu!

20. Jasa Potong Rambut

Meski terkesan sederhana, bisnis kecil-kecilan ini tidak boleh disepelakan karena omset yang didapat sanggup terlalu besar. Pasalnya, modal awal yang kamu keluarkan sanggup kamu gunakan berkali-kali.

Adapun, bisnis ini mempunyai tingkat berhasil yang lebih tinggi jikalau diakses di lingkungan yang masih jarang daerah potong rambut.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh usaha rumahan menjanjikan. Mudah-mudahan ini dapat menjadi penambah wawasan mengenai jenis dan contoh usaha atau bisnis rumahan yang bisa untung besar dengan modal kecil.

Baca: