Pengertian Wirausaha

Daftar Isi

Pengertian wirausaha, karakteristik, tujuan, ciri, jenis, syarat, contoh

DonaBisnis.com – Pengertian dan definisi wirausaha. Sebagian orang mungkin berpendapat jika wirausahawan adalah penjual. Benarkah demikian? Lalu definisi wirausaha itu sendiri apa? Pengertian wirausaha mungkin masih belum dipahami semua pihak, apalagi karakteristik, tujuan, ciri-ciri, jenis, contoh dan syaratnya.

Wirausaha memiliki arti yang sangat luas, begitu pula dengan wirausahawan atau yang dalam bahasa Inggris disebut entrepreneur. Wirausahawan berkaitan dengan pengenalan produk, pemasaran, mengatur pemodalan, dan sebagainya yang mungkin bagi sebagian orang masih awam akan hal ini.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan secara lengkap pengertian dari wirausaha, berwirausaha, atau kewirausahaan. Baik secara umum ataupun menurut pendapat beberapa ahli yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. Silahkan langsung saja simak ulasan lengkapnya tentang definisi dan penjelasan wirausaha.

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Secara etimologi, wirausaha berasal dari dua kata, yaitu wira dan usaha. Wira berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani, dan berwatak agung. Sedangkan kata usaha berarti perbuatan untuk mencapai tujuan. Secara etimologis atau harfiah, wirausaha adalah pejuang/pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai tujuan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama seperti wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Secara umum wirausaha dapat diartikan sebagai seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandian mengenali produk, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk menciptakan sebuah peluang usaha, mengadakan produk baru, memasarkannya, dan mengatur permodalan operasi untukmenghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan segala risiko yang akan dihadapinya.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Selain pengertian wirausaha secara umum, beberapa ahli dan pakar juga memiliki pendapat tersendiri tentang definisi wirausaha menurut mereka masing-masing. Agar lebih jelas, berikut pengertian wirausaha menurut beberapa ahli baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli dari Luar Negeri

1. Richard Cantillon

Menurut Richard Cantillon, entrepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new (wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru).

2. Dan Stein dan Jhon F Burgess

Menurut Dan Stein dan Jhon F. Burgess, arti wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

3. Vernon A Musselman dan John H Jackson

Menurut Vernon A. Musselman dan John H. Jackson, definisi wirausaha (wiraswasta) adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Dalam definisi itu ada kata mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha. Jadi, dalam konsep wirausaha terdapat kemauan menanggung risiko dan keberanian memulai usaha.

4. Geoffrey G Meredit

Menurut Geoffrey G. Meredit, definisi wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

5. Skinner

Menurut Skinner, enterpreneur atau wirausaha merupakan seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial.

6. Say

Menurut Say, pengertian wirausaha artinya orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.

7. Joseph C Schumpeter

Menurut Joseph C. Schumpeter, wirausaha artinya orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut. Wirausaha merupakan inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu).

8. Peter F Drucker

Menurut Peter F. Drucker, definisi pengertian wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

9. Andrew J Dubrin

Menurut Andrew J. Dubrin, penjelasan wirausahawan adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

10. Frank Knight

Menurut Frank Knight, seseorang wirausahawan berusaha untuk menyikapi & memperkirakan pergantian pasar. Penjelasan ini mengutamakan fungsi seseorang wirausahawan dalam hadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seseorang wirausahawan disyaratkan untuk lakukan semuanya manfaat manajerial mendasar seperti pengawasan & pengarahan.

11. Jean Baptista Say

Menurut Jean Baptista Say, pengertian wirausahawan ialah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya

12. Kathleen

Menurut Kathleen, arti wirausaha yaitu seorang yang menggerakkan, mengatur, serta berani mengambil kemungkinan untuk pekerjaan yang digerakkannya dalam dunia usaha.

13. Zimmerer

Menurut Zimmerer, pengertian wirausaha menurut Zimmerer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.

14. Kasmir

Menurut Kasmir, pengertian wirausaha adalah seseorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil kemungkinan untuk buka satu usaha di berbagai peluang yang ada.

15. Raymond WY Kao

Menurut Raymond W.Y. Kao, pengertian wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

16. Richard Cantilom

Menurut Richard Cantilom, pengertian wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli dari Indonesia

1. Edi Swasono

Menurut Edi Swasono, pengertian Wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha merupakan wirausaha. Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis (inovator), penanggung resiko yang mempunyai visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.

2. Marzuki Usman

Menurut Marzuki Usman, pengertian Wirausaha yakni seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan sumber daya, seperti keuangan, tenaga kerja, material, keterampilan untuk menghasilkan produk, bisnis, proses produksi dan organisasi usaha baru. Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi komunikasi, motivasi, optimisme, semangat, dorongan dan kemampuan memanfaatkan peluang usaha.

3. Arif F Hadipranata

Menurut Arif F. Hadipranata, definisi wirausaha adalah sosok yang mengambil kemungkinan yang diperlukan untuk mengelola & mengatur semua masalah dan terima beberapa keuntungan financial ataupun non financial.

4. Syamsudin Suryana

Menurut Syamsudin Suryana, arti wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

5. Prawirokusumo

Menurut Prawirokusumo, pengertian wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

6. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz, pengertian wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Karakteristik Wirausaha

Karakteristik wirausaha bisa didefinisikan sebagai hal yang berhubungan dengan ciri khas, perilaku, watak, tabiat, sikap, dan tindakan seseorang untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha.

Sikap serta tindakan tersebut biasanya mencakup sebagian besar sikap dan tindakan seorang wirausahawan dalam kesehariannya. Karakteristik wirausaha akan dianggap berhasil setelah sikap keseharian berupa komitmen dalam melakukan pekerjaan dilakukan sengan sepenuh hati.

Adapun beberapa karakteristik wirausaha yang perlu dipahami adalah sebagai berikut.

1. Jujur

Keujuran adalah karakteristik utama dalam berwirausaha agar menjadi seorang pengusaha sukses. Apalagi jika Anda menjadi pemimpin pada usaha tersebut, memiliki karyawan yang jujur akan membuat usaha Anda berkembang dengan pesat.

2. Disiplin

Kedisiplinan menjadi modal utama bila ingin memulai wirausaha. Memiliki sifat disiplin dapat menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan pekerjaan usaha dan pekerjaan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

3. Kratif dan Inovatif

Memiliki krativitas dan inovasi adalah bagian dari karakteristik wirausaha. Kreativitas memungkinkan Anda menciptakan hal baru dalam dunia bisnis yang Anda geluti. Sedangkan inovasi memungkinkan Anda memikat lebih banyak pelanggan.

4. Berkomitmen Tinggi

Mulailah berkomitmen ketika berwirausaha. Dengan memiliki komitmen yang tinggi serta memegang teguh prinsip, usaha akan berkembang serta mencapai kesuksesan.

5. Mandiri dan Realistis

Salah satu karakteristik wirausaha yang perlu dimiliki adalah mandiri dan realistis. Hal ini karena saat berwirausaha, kita membutuhkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat. Seorang wirausahawan harus mandiri dan realistis bila ingin usaha yang digelutinya berkembang dengan pesat.

6. Memiliki Keterampilan Personal

Saat berwirausaha, Anda juga harus memiliki keterampilan personal. Keterampilan personal dibutuhkan karena Anda harus mampu mencari, memanfaatkan setiap peluang, berkomunikasi, dan mampu bekerja sama dengan berbagai pihak agar bisa menguntungkan usaha yang dijalani.

Tujuan Wirausaha

Saat membangun suatu usaha, seorang wirausahawan pasti memiliki tujuan. Tujuan ini mencakup tujuan pribadi ataupun untuk kepentingan orang lain. Berikut adalah beberapa tujuan wirausaha secara umum.

1. Menginformasikan Wirausaha

Ketika mulai menjalani wirausaha, maka akan muncul kesadaran masyarakat untuk ikut berwirausaha. Masyarakat luas akan tergerak untuk mencari tahu tips dan trik supaya bisa meraih sukses berwiraswasta dan belajar menjadi pribadi yang ulet dalam membangun usaha.

2. Membudayakan Sikap Berwirausaha

Tujuan wirausaha berikutnya adalah untuk membudayakan perilaku, sikap, serta semangat berkemampuan dalam berwirausaha. Saat masyarakat melihat kesuksesan, mereka akan belajar untuk berperilaku menjadi orang yang sukses. Mereka juga akan bersemangat dengan gigih untuk menghasilkan keberhasilan.

3. Meningkatkan Jumlah Wirausaha

Sumber daya manusia menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam menjalankan suatu usaha. Hal ini akan berimbas pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang nantinya akan berimbas pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga memungkinkan sumber daya manusia itu membuka lapangan pekerjaan sendiri.

4. Menyejahterakan Masyarakat

Tujuan wirausaha lainnya yaitu memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Saat suatu usaha berkembang dan menjadi sukses, usaha tersebut akan secara otomatis membutuhkan banyak karyawan untuk menjalankan dan mempertahankan usaha tersebut. Dengan demikian, para wirausahawan telah menambah lapangan pekerjaan sehingga pengangguan pun berkurang.

Ciri-ciri Wirausaha

Wirausahawan merupakan orang yang menemukan ide inovatif dan kreatif dalam berwirausaha. Bukan dengan menjual atau mencontoh produk yang sudah ada, melainkan memiliki pemikiran luar biasa yang berorientasi pada uang.

Seseorang bisa dikatakan wirausahawan sudha tentu memiliki ciri-ciri dan memenuhi definisi wirausaha. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri-ciri wirausaha yang perlu diketahui.

1. Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi

Seorang wirausaha harus mempunyai keberanian dan memiliki daya kreasi atau memberikan nilai tambah agar bisa merencanakan dan membuat inovasi baru. Segala ketakutan menjadi sia-sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan.

2. Berani Mengambil Risiko

Wirausaha merupakan orang yang memiliki sifat berani mengambil risiko dan mampu mengubah kesempatan menjadi peluang. Hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukan terhadap ide yang dimilikinya.

3. Memiliki Semangat dan Kemauan Keras

Seseorang dikatakan merupakan wirausahawan selain berani mengambil risiko juga harus memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk meraih kesuksesan.

4. Memiliki Analisis yang Tepat

Seseorang bisa dikatakan sebagai wirausahawan jika memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis agar bisa diusahakan. Hasilnya tentu saja akan berpengaruh kepada keberhasilan usaha atau bisnis yang dijalaninya.

5. Tidak Konsumtif

Seorang wirausahawan haruslah tidak konsumtif atau setidaknya konsumsinya jauh lebih sedikit daripada penghasilannya. Ini adalah penyakit untuk masa sekarang yang sulit dihindari.

Jenis Wirausaha

Pertumbuhan minat berwirausaha di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dari sekian banyak keuntungan menjadi wirausahawan, besarnya angka penghasilan juga menjadi daya tarik profesi satu ini. Berikut adalah beberapa jenis wirausaha yang populer di Indonesia.

1. Usaha Ritel

Usaha ritel bisa diartikan sebagai bisnis penjualan eceran yang dilakukan secara langsung dari distributor kepada konsumen. Model bisnis ini cenderung aman untuk dilakukan karena risiko kerugiannya hanya berasal dari persaingan antar ritel saja.

2. Usaha Digital

Dalam satu dekade terakhir, jenis usaha digital atau startup makin banyak dilakukan. Ini adalah salah satu bentuk wirausaha yang memanfaatkan dunia digital sebagai pusat kegiatan bisnis. Termasuk proses jual beli atau transaksi antar individu, baik berupa barang maupun jasa.

3. Industri Kreatif

Pada dasarnya, industri kreatif adalah jenis usaha yang mengandalkan kreativitas sebagai senjata utamanya. Jenis wirausaha industri ini sangat cocok bagi Anda yang masih berusia muda dan sangat paham akan perkembangan tren serta keinginan pasar.

Syarat Wirausaha

Saat Anda terjun ke dunia usaha, pasti Anda akan dihadapkan dengan segala hal terbaik yang dapat terwujud. Anda akan berusaha agar bisnis bisa terus berkembang dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Oleh karena itu perhatikan syarat-syarat wirausaha berikut supaya Anda berhasil dalam berwirausaha.

1. Punya Visi dan Misi yang Jelas

Syarat utama dalam berbisnis adalah harus memiliki visi dan misi yang jelas. Anda idak bisa hanya mengandalkan keinginan saat ini, melainkan Anda harus merencanakan masa depan bisnis Anda.

2. Berani Menanggung Risiko

Mengawali bisnis adalah langkah pertama Anda dalam mengambil keputusan dan risiko. Anda membutuhkan keberanian itu supaya bisa terus melangkah, meski Anda mungkin bisa melakukan kesalahan dan mengalami kerugian.

3. Tidak Boleh Gengsi

Anda harus membuang sikap gengsi saat berjualan. Jangan pernah merasa gengsi atau malu hanya karena usaha Anda masih kecill, brand Anda belum terkenal, dan memiliki banyak kekurangan.

4. Bijak Mengatur Waktu

Gunakan waktu Anda setiap hari dengan penuh pertimbangan, jangan habiskan waktu untuk aktivitas yang benar-benar penting dan bisa merugikan hidup Anda.

5. Mengelola Uang dengan Baik

Bila Anda ingin membangun bisnis yang besar, Anda membutuhkan modal yang besar pula. Membangun perusahaan tentu sangat mahal dibandingkan jika Anda hanya membuka usaha warung rumahan.

6. Menghargai Orang Lain

Anda tidak bisa sukses bila hanya bergantung pada kemampuan diri sendiri saja. Syarat menjadi wirausaha sukses adalah pandai membawa diri dalam lingkungan bisnis.

7. Kreatif dan Inovatif

Berwirausaha mengharuskan Anda untuk selalu kreatif dan inovatif, Anda dituntut menciptaan bisnis yang berbeda agaar usaha Anda bisa memiliki kelebihan dibandingkan usaha lainnya yang sudah ada.

8. Mau Terus Belajar

Sikap untuk mau terus belajar akan mengantarkan Anda pada kemajuan. Wawasan Anda akan bertambah dan pengalaman Anda akan semakin banyak sehingga bisnis Anda pun akan bisa bersaing dengan yang lain.

Contoh Wirausaha

Ada tiga jenis wirausaha, yakni usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM), usaha sedang, dan usaha besar. Khusus untuk wirausaha berskala kecil, ada beberapa jenis wirausaha yang menjanjikan dan menguntungkan seperti berikut ini.

1. Usaha Laundry

Bila Anda tinggal di area padat penduduk, dekat lingkungan pendidikan, perkantoran, atau sebagainya, contoh usaha laundry bisa menjadi pertimbangan Anda. Apalagi jika musim penghujan tiba, akan ada banyak orang yang malas mencuci sendiri.

2. Usaha Cuci Motor

Usaha ini juga tidak kalah menguntungkan, apalagi bila musim penghujan tiba. Orang akan lebih sering mencuci motornya karena terkena cipratan genangan air yang biasa ada di jalan.

3. Usaha Katering Kantoran

Usaha katering juga tidak kalah menguntungkan. Biasanya orang yang berada di wilayah perkantoran akan malas keluar untuk mencari makan sebab cuaca panas atau sedang dikejar deadline. Peluang ini tentu sangat menjanjikan.

4. Usaha Jualan Pulsa

Usaha ini tak perlu modal yang besar. Sekalipun banyaknya generasi milenial yang tak mau mengisi pulsa di konter, namun usaha ini tetap bisa Anda jalankan dengan memberi layanan melalui WhatsApp atau media sosial lainnya.

5. Usaha Pertamini

Pertamini bisa Anda temui di mana saja. Sebelum memulai usaha Pertamini (pom bensin mini), ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu pilihlah tempat yang sekiranya jauh dari sPBU dan jangan mematok harga jauh lebih tinggi daripada yang di SPBU.

6. Usaha Souvenir Pernikahan

Salah satu unsur terpenting ketika hendak melangsungkan pernikahan adalah souvenir. Contoh usaha ini bisa Anda terapkan karena hasilnya menjanjikan. Anda bisa menjual aksesoris seperti gantungan kunci, bros, kipas, dan sebagainya.

7. Usaha Gorengan

Membuka usaha jualan gorengan di sekitar rumah juga cukup menjanjikan. Tak perlu mengeluarkan modal besar, Anda bisa menggunakan perkakas di dapur sebagai alr usaha dan modalnya juga terbilang cukup kecil karena bahan dasar membuat gorengan harganya lumayan murah.

8. Usaha Minuman dan Jus

Saat ini ada banyak gerai minuman yang menjual varian khusus seperti kopi, cokelat, atau jus buah yang diberikan beragam variasi rasa seperit keju, selai, topping, dan lainnya. Biasanya contoh usaha jenis ini ditemui di area sekolah, kampus, atau perkantoran.

9. Usaha Cutting Sticker

Tumbuhnya kegemaran dan kecintaan masyarakat terhadap kendaraan, baik mobil atau motor sebanding dengan permintaan konsumen yang meminta kendaraannya tampak cantik dan menawan. Salah satunya adalah dengan memasang cutting sticker, tak heran bila contoh usaha ini merupakan salah satu yang menjanjikan.

10. Usaha Tukang Sayur

Sayur dan lauk pauk adalah kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan setiap hari. Anda bisa berkecimpung di usaha ini dengan keuntugnan besar meskipun dengan modal minim.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan definisi wirausaha secara umum dan menurut para ahli. Intinya menjadi wirausahawan sangat menjanjikan, terlebih jika kita memahami karakteristik, tujuan, dan syarat menjadi seorang wirausaha dengan baik.

Banyak orang bertanya mengapa harus memilih wirausaha? Namun jika Anda memahami pengertian wirausaha atau entrepreneurship tersebut maka Anda akan mengetahui alasannya. Perbedaan dengan karyawan sudah jelas, yakni kita bisa mengatur sendiri berapa besar penghasilan yang ingin didapat asalkan melakukannya dengan tekun.

Tinggalkan komentar