Agen Tiket Kereta Api

Cara Mendaftar Keagenan Kereta

Donabisnis.com – Agen tiket kereta api. Di masa sekarang kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat, terlebih bagi mereka yang ingin bepergian jauh antarkota atau antarprovinsi.

Tapi kadang orang merasa malas membeli tiket kereta api, sehingga pembelian dengan cara online semakin marak. Selain itu pembelian lewat agen kereta api berbagai maskapai perkeretaapian.

Nah bagi yang ingin memulai bisnis yang mudah dilakukan, mungkin menjadi agen tiket kereta api dapat dijadikan salah satu opsi peluang yang menguntungkan. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Pengertian Agen Tiket Kereta Api

Agen tiket kereta api adalah mitra resmi perusahaan kereta api, jasa transportasi antarkota dan antarprovinsi menggunakan kereta ekonomi atau bisnis. Agen bertugas membantu melakukan transaksi pembelian tiket kerta api di sebuah stasiun.

Dengan menjadi agen kereta api, ini bisa menjadi solusi bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Pasalnya profesi pekerjaan ini disebut menjadi profesi yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Peluang pendaftarannya juga terbuka lebar.

Syarat dan Ketentuan Pendaftran

Aada berbagai syarat dan ketentuan yang perlu dilakukan untuk mendaftar menjadi agen kereta api. Bagi yang belum tahu, silahkan simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

1. Syarat Administrasi

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi di antaranya adalah surat permohonan, akte pendirian usaha, KTP penanggung jawab, surat izin usaha dan lain sebagainya, tergantung kebijakan perusahaan kereta api masing-masing.

2. Setoran Jaminan

Setoran jaminan merupakan biaya berupa jaminan selama Anda siap dan bertahan menjadi agen perkeretaapian. Jaminan yang diminta bisa berupa uang tunai atau dokumen berhaga, seperti surat tanah, surat rumah, dan sebagainya.

3. Setoran Deposit

Setoran deposit merupakan biaya deposit sebagai biaya awal untuk pembelian tiket kereta api. Besaran setoran deposit, rata-rata perusahaan meminta Anda membayar di kisaran biaya Rp 300.000 hingga Rp 500.000 awalnya.

4. Sarana dan Prasarana

Syarat sarana dan prasana pendaftaran kaagenan atau mitra meliputi tempat yang akan dijadikan sebagai tempat usaha agen, fasilitas keaganen, perlengkapan, dan lain sebagainya.

Cara Daftar Menjadi Agen Kereta Api

Usai melengkapi syarat-syarat dan ketentuan yang diperlukan dalam pendaftaran agen, berikutnya Anda harus mengikuti panduan dan ketentuan di bawah ini untuk mendaftarnya.

1. Daftar dan Ajukan Persyaratan

Langkah yang pertama yang harus Anda lakukan adalah silahkan mendaftar menjadi agen terlebih dahulu di PT KAI dengan mengajukan persyaratan dan memenuhi ketentuan yang telah Anda siapkan.

2. Seleksi Admistrasi

Setelah mendaftar dan mengajukan persyaratan, nantinya pemohonan yang Anda ajukan akan diseleksi apakah layak menjadi agen atau tidak. Jika Anda dinilai layak bergabung menjadi agen, maka pihak terkait melakukan survey lokasi.

3. Survey Lokasi Usaha

Pihak KAI kemudian akan mengujungi lokasi tempat usaha Anda untuk melakukan survei kelayakan. Apakah lokasi usaha Anda dinilai layak atau tidak sebagai tempat keagenan serta berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau atau tidak.

4. Perjanjian Kontrak Kerja

Jika lokasi usaha Anda lolos survei, selanjutnya pihak PT KAI akan meminta anda datang ke kantor untuk membuat perjanjian kontrak kerja. Anda perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk dan berkas pendung yang diberitahukan oleh tim survei sebelumnya.

5. Software & Pelatihan

Apabila sudah resmi menjadi agen, selanjutnya Anda perlu mengikuti pelatihan yang dilakukan di kantor PT KAI. Jadi ikuti saja panduan dari pihak KAI dan nantinya Anda juga akan dilatih menggunakan software penjualann tiket secara online, melapor hasil penjualan, dan lain sebagainya.

Modal Awal Pendaftaran

Pendafaran menjadi agen tidak dilakukan secara gratis, melainkan ada biaya atau modal awal yang perlu dikeluarkan. Seperti kebanyakan bisnis tentu ada modal yang pertama-tama dikeluarkan.

Adapun modal yang dibutuhkan bisa diperkirakan senilai Rp 25-40 juta tergantung aset yang ingin Anda miliki di kantor agen. Meski modal yang dibutuhkan terbilang besar tapi keuntungan yang Anda peroleh juga akan sebanding.

Tapi Anda juga jangan hanya mengeluarkan modal saja tanpa memperhitungkan dengan baik dan benar dengan menganalisa terlebih dahulu. Sebab mungkin saja modal yang dibutuhkan bisa lebih kecil dari yang kami sebutkan.

Sebelum memulai bisnis disarankan untuk menyiapkan segala hal secara matang terlebih dahulu. Tujuannya agar kita tidak mengalami kerugian di kemudian hari karena salah perhitungan soal keuntungan.

Komisi dan Keuntungan

Jika resmi menjadi agen, tentunya Anda penasaran berapa keuntungan, omzet, atau penghasilan yang diperoleh dari jadi agen kereta api. Tentu saja keuntungannya sebanding dengan modal yang dikeluarkan.

Salah satu sumber menyebutkan agen tiket kereta api bisa mendapatkan komisi kisaran Rp 3.000-5.000 per tiket yang terjual. Jadi misalnya dalam sehari Anda berhasil menjual 30 tiket dengan keuntungan dari jual per tiket sebesar Rp 5.000.

Perhitungannya menjadi 30 x Rp 5.000 = Rp 150.000 per hari. Jadi keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam sebulan yaitu Rp 150.000 x 30 = Rp 4.500.000. Sangat besar bukan? Anda pun bisa balik modal dengan cepat.

Akhir Kata

Sampai di sini pembahasan kita mengenai cara daftar agen kereta api. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai cara menjadi agen kereta api serta syarat dan ketentuan lengkapnya.

Baca: