Cara Menghubungi PLN

Daftar Kontak Call Center PLN yang Bisa Dihubungi

Donabisnis.com – Cara menghubungi PLN. Kadang ada kalanya listrik di rumah kita bermasalah. Entah itu sering mati listrik, nyala-mati terus, atau terkena sambaran petir dan terbakar.

Kadang, ada juga masalah kabel yang membuat listrik di rumah tidak nyala sebagian, atau rumah sebelah tetangga nyala tapi kita tidak. Padahal menggunakan jalur listrik yang sama.

Bila menemui permasalahan seperti itu, kita pun bisa menghubungi call center PLN untuk mendapatkan bantuan. Sehingga kita cukup menunggu petugas PLN datang menyelesaikan masalah.

Cara menghubungi PLN pun sama mudahnya dengan cara menghubungi Akulaku. Pasalnya kita bisa menggunakan WA (WhatsApp), telepon online, call center di email, bahkan sosial media.

Tata Cara Menghubungi PLN Lewat Call Center Resmi

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai bagaimana cara menghubungi pihak PLN untuk komplain masalah listri, tanya jawab, dan atau mau kirim kritik dan saran.

1. Call Center PLN 123

Cara pertama adalah Anda bisa langsung menghubungi call center PLN di nomor 123. Ini merupakan layanan dari PLN langsung untuk para pelanggannya agar bisa melaporkan gangguan.

123

  • Silahkan masukkan kode area PLN 123 pada hp Anda
  • Telepon nomor tersebut dan tunggu sampai diterima customer service PLN
  • Beritahukan keluhan atau keinginan yang ingin Anda sampaikan ke PLN
  • Bicaralah baik-baik dengan bahasa yang sopan
  • Jika ingin mengutarakan keluhan dan biar ditanggapi, Anda harus bilang pemadaman atau kerusakan listrik di rumah Anda sudah lama dan banyak yang mengeluh
  • Jika sudah, ucapkanlah terima kasih ke customer service PLN dan meminta untuk keluhan segera ditanggapi

2. Telepon dan Fax PLN

Cara kedua yaitu telepon atau mengirim fax. Langkah ini bisa dijadikan alternatif bila PLN 123 susah dihubungi atau sedang penuh oleh pelanggan yang telepon.

Telepon : 021-7251234 dan 021-7261122
Fax : 021 – 7221330

3. Email PLN

Berikutnya Anda bisa menggunakan email untuk mengirim pertanyaan, kritik, dan saran. Anda juga bisa memanfaatkan metode ini untuk mengirimkan penawaran kerja sama atau kemitraan.

Email : pln123@pln.co.id

4. Sosial Media PLN

Berikutnya silahkan hubungi PLN melalui media sosial. Meski agak lama responnya, tapi ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk menghubungi secara resmi, pastikan akun mereka terverifikasi.

Twitter : @pln_123
Facebook : PLN 123

5. Alamat Kantor PLN

Alternatif lainnya Anda bisa mendatangi kantor cabang PLN terdekat. Tapi bila ingin ada tanggapan lebih cepat, khususnya masalah yang besar bisa datang ke kantor pusatnya di alamat berikut.

  • Kantor pusat PLN terletak di Jalan Trunojoyo Blok M-I Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

6. Aplikasi PLN Mobile

Terakhir, Anda bisa mengirim pengaduan ke PLN secara online di internet menggunakan aplikasi resmi PLN, yaitu PLN Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh gratis lewat Play Store dan App Store, cara menggunakannya yaitu sebagai berikut.

  • Ajukan pengaduan lewat aplikasi PLN Mobile
  • Isi kolom pengaduan sesuai dengan gangguan yang Anda alami
  • Lampirkan foto jika ada
  • Klik tombol kirim pengaduan
  • Setelah itu Anda akan mendapatkan nomor pengaduan serta petugas akan menghubungi Anda dalam kurung waktu 24 jam

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan dari kami tentang cara menghubungi call center pln. Semoga bisa membantu khususnya bagi Anda yang ingin menghubungi PLN karena ada suatu masalah tertentu.

Baca: