Cara Menghubungi BRI

Tata Cara Menghubungi BRI untuk Komplain

Donabisnis.com – Cara menghubungi BRI. Nasabah Bank BRI tersebar di seluruh Indonesia, sehingga membuat Bank BRI menyediakan banyak cara untuk menghubungi CS (customer service) mereka.

Para nasabah bisa mengontak CS atau call center Bank BRI melalui berbagai cara. Mulai dari online di internet, WhatsApp, sosial media, email secara gratis, atau menggunakan telepon dan hp berbayar.

Terdapat juga agen BRILink yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Jadi bagi yang kesulitan sinyal untuk menghubungi call center, bisa mendatangi agen tersebut untuk meminta bantuan, komplain, dan sebagainya.

Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu, bagaimana cara menghubungi BRI secara resmi? Khususnya bila ingin menjalin kemitraan kerja sama bisnis? Di sini kami akan menguraikan langkah-langkahnya secara resmi.

Biaya Call Center Menghubungi BRI

Nasabah bisa menghubungi Bank BRI untuk melakukan pengaduan, memperoleh informasi perbankan, atau memberikan kritik dan saran lewat call center. Nomor yang bisa dihubungi adalah sebagai ebrikut.

Call BRI atau call center BRI: 14017
Nomor telepon call center BRI lainnya: (021) 1500 017.

Tapi Anda harus memastikan pulsa yang dimiliki cukup, sebab call center BRI 14017 tidak bebas pulsa. Tarifnya disesuaikan dengan operator atau provider masing-masing, berikut rincian biayanya.

Operator telekomunikasiTarif telepon Call BRI
simPATIRp 1.800/menit
XLRp 1.860/menit
IndosatRp 60/menit
3 (Tri)Rp 800/menit
AxisRp 894/menit

Tapi biaya tersebut fluktuatif, artinya bisa berubah sewaktu-waktu. Bahkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, biaya telepon ke customer service BRI juga dapat berubah.

Cara Menghubungi Bank BRI Secara Gratis

Selain cara berbayar, Anda juga bisa menghubungi call center BRI secara gratis, yaitu lewat Sabrina di WhatsApp, sosial media, atau kantor pusat BRI.

1. WhatsApp BRI

BRI menawarkan inovasi layanan chatbot Sabrina (Smart BRI New Assistant) di WhatsApp, Messenger, dan Telegram. Layanan CS ini dibuat menggunakan kecerdasan buatan dan yang membalas adalah robot.

Meski demikian pertanyaan Anda akan dijawab sesuai kebutuhan, Sabrina tidak akan mengecewakan Anda. Jawaban yang diberikan pasti akan sesuai seperti apa yang Anda minta. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

  • Simpan nomor WhatsApp Sabrina BRI 0812-1214-017 dalam daftar kontak ponsel Anda.
  • Silahkan buka kontak chat WhatsApp BRI, ketikkan “Halo” atau informasi lain yang Anda butuhkan.
  • Bila kurang puas dengan informasi yang diberikan, silakan ketik “Kontak BRI” untuk terhubung langsung dengan sahabat kontak BRI.

2. Akun Resmi Sosial Media BRI

Anda juga bisa menghubungi Bank BRI lewat sosial media resmi mereka. Kalau cara ini dijamin yang membalas manusia, sehingga jawaban yang diperoleh juga akan lebih memuaskan. Adapun sosial media resmi Bank BRI di antaranya sebagai berikut.

  • Facebook: @BRIofficialpage.
  • Twitter: @kontakBRI
  • Instagram: @bankbri_id

Pastikan juga akun yang Anda buka memiliki centang biru (verified account), tanda akun resmi. Jangan sampai Anda terjebak menggunakan akun palsu.

3. Kantor Pusat BRI

Bila Anda masih kurang pusat dengan jawaban yang diberikan, Anda bisa langsung mendatangi kantor pusat BRI atau kantor cabang BRI. Sebagai informasi, BRI sudah memiliki ribuan cabang unit di berbagai wilayah Inodnesia.

Sementara itu, untuk kantor pusatnya berada di alamat berikut.

Gedung BRI 1 Jalan Jenderal Sudirman Kav.44-46, Jakarta 10210.

4. Form Kontak BRI

Bank Rakyat Indonesia juga memberikan form kontak agar Anda bisa mengakses serta menajukan berbagai permasalahan dengan lebih mudah. Caranya juga sangat mudah, yaitu ikuti panduan di bawah ini.

  • Buka situs resmi Bank BRI, pilih laman BRI Contact Us.
  • Isi formulir yang tersedia dengan benar, meliputi identitas Nama, Email, Nomor Telepon, Topik Bantuan, dan Pesan.
  • Lampirkan juga file atau gambar dalam format Zip, Rar, JPG, PNG, dan PDF dengan maksimal size 5 MB jika diperlukan.
  • Centang persetujuan bahwa Anda telah menyetujui persyaratan keluhan.
  • Masukkan teks verifikasi captcha yang disediakan.
  • Klik Kirim.

5. Email BRI

Terakhir Anda juga bisa menghubungi pihak Bank BRI melalui email. Langkah ini lebih tepat digunakan untuk memberikan penawaran kerja sama atau kemitraan, berikut kontak email resmi BRI.

callbri@bri.co.id

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika menghubungi Bank BRI, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut.

  • Keluhan ataupun pengaduan kepada Bank BRI terkait mocash BRI bisa dilakukan dengan hubungi nomor call center BRI 14017 atau 1500017.
  • BRI akan menanggapi serta menyelesaikan masalah selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak menerima keluhan dari nasabah.
  • Bank BRI berhak menolak melayani keluhan nasabah yang disampaikan setelah 3 bulan mulai dari tanggal transaksi.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Call BRI

Simak juga beberapa pertanyaan seputar call BRI yang kerap ditanyakan. Berikut frequently asked question-nya.

Apakah call center BRI 14017 gratis?

Call center BRI 14017 atau (021) 1500 017 mengenakan biaya sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan operator telekomunikasi yang digunakan nasabahnya.

Apakah layanan call center BRI 24 jam?

Layanan Call BRI bisa dengan mudah diakes nasabah selama 24 jam, termasuk hari Minggu dan hari libur juga melayani. Nasabah dapat menelepon kapan saja dan di mana saja.

Apakah call center Bank Syariah Indonesia sama dengan nomor BRI Syariah?

Nomor call center Bank Syariah Indonesia adalah 1500789, sama dengan nomor call center BRI Syariah.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai cara menghubungi bri resmi. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana cara mengontak Bank BRI secara resmi terbaru.

Baca: