Contoh Jasa Layanan Bank

Beberapa Jasa yang Ditawarkan Perbankan

Donabisnis.com – Contoh jasa layanan bank. Sebagai nasabah mungkin kita hanya mengetahui perbankan memiliki fungsi sebagai lembaga penyimpan dan berkirim uang.

Tapi dalam perkembangannya, bank-bank yang ada di dunia dan Indonesia juga menawarkan banyak sekali jasa atau layanan lainnya. Tentu saja yang ditawarkan masih berkaitan dengan ekonomi dan keuangan.

Seperti deposito, investasi, kredit konsumer, tahapan berjangka, dan masih banyak lagi. Dan mungkin masih banyak yang belum mengetahui perihal jasa layanan bank tersebut.

Maka dari itu di kesempatan ini kami ingin memberikan ulasan lengkap tentang contoh produk jasa layanan bank yang umum ada di Indonesia. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah berikut ini.

Ulasan yang ada di bawah ini kami rangkum dari berbagai sumber. Informasi yang ada akan kami perbaharui secara berkala, silahkan langsung saja simak ulasannya berikut.

Daftar Contoh Produk Jasa Layanan Bank

Di bawah ini merupakan beberapa contoh produk jasa layanan di bank. Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Kegiatan Bank Umum dalam Menghimpun Dana

Kegiatan ini dilakukan dengan tawarkan beragam model simpanan. Jenis-jenis simpanan yang kerap digunakan adalah:

1. Simpanan Giro (Demand Deposit)

Simpanan gito merupakan simpanan terhadap bank yang penarikannya bisa dilakukan dengan memanfaatkan bilyet giro maupun cek. Rekening giro biasa digunakan karena merupakan dana murah, bunga yang diberikan juga relatif rendah dibandingkan jeni simpanan lainnya.

2. Simpanan Tabungan (Saving Deposit)

Tabungan merupakan simpanan di bank yang penarikannya sesuai dengan kriteria bank. Bisa melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), buku tabungan, kwitansi dan slip penarikan. Besarnya bunga tabungan tergantung pada kebijakan masing-masing bank, namun biasanya lebih tinggi dari rekening giro.

3. Simpanan Deposito (Time Deposit)

Deposito merupakan simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu. Jadi penarikan simpanan bisa dilakukan sesuai jangka waktu tersebut. Adapun jenis deposito bermacam-macam, mulai dari deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposit on call.

Menyalurkan Dana (Lending)

Jasa bank lainnya adalah kesibukan menyalurkan dana. Kegiatan ini adalah menjual dana yang udah disatuka berasal dari masyarakat. Penyaluran dana yang dilakukan oleh bank dilakukan dengan mengimbuhkan utang kepada penduduk yang dikenal dengan nama kredit.

1. Kredit Investasi

Kredit investasi merupakan kredit yang diberikan kepada nasabah yang menjalankan atau menanam modal. Misalnya kredit membangun pabrik, belanja peralatan pabrik seperti mesin, dan masih banyak lagi.

2. Kredit Konsumtif

Kredit konsumtif merupakan kredit yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Contohnya adalah kredit perumahan, kredit kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi.

3. Kredit Profesi

Kredit profesi adalah kredit yang bisa diberikan kepada nasabah khusus. Misalnya kredit kepada dosen, dokter, pengacara, dan sejenisnya.

4. Kedit Modal Kerja

Kredit modal kerja adalah kredit yang digunakan nasabah untuk modal usaha. Kredit model ini umumnya cuma berjangka pas pendek atau tidak lebih berasal dari 1 (satu) tahun. Contohnya: kredit untuk membayar gaji karyawan, kredit membayar bahan baku dan kredit modal kerja lainnya.

5. Kredit Perdagangan

Kredit perdagangan merupakan kredit yang diberikan kepada pedagang dengan tujuan utnuk mengembangkan kesibukan dagangnya. Contohnya adalah belanja barang dagang kepada para supplier atau agen.

6. Kredit Produktif

Kredi produktif adalah kredit berbentuk investasi modal kerja atau perdagangan. Artinya, kredit ini diberikan untuk diputar lagi agar pengembalian kredit adalah berasal dari keuntungan hasil usaha yang dibiayai.

Jasa Layanan dan Produk Bank Lainnya

Beberapa praktiknya jasa-jasa bank yang ditawarkan meliputi:

1. Kiriman Uang (Transfer)

Kiriman uang atau transfer merupakan jasa pengiriman uang melalui bank. Pengiriman ini bisa dilakukan antarbank atau ke bank yang lain, bisa juga dilakukan dengan target dalam kota, luar kota, atau luar negeri.

Khusus pengiriman ke luar negeri kudu lewat bank devisa. Kepada nasabah yang mengirim dikenalan ongkos kirim yang besarnya terkait kebijakan bank masing-masing. Pertimbangan terhadap umumnya, ongkos kirim akan lebih mahal kalau yang di transfer berlainan banknya.

2. Kliring (Clearing)

Kliring merupakan penagihan warkat (surat bernilai seperti cek dan bilyet giro) yang berasal dari dalam kota. Proses penagihan umumnya membutuhkan waktu satu hari saa. Besarnya ongkos penagihan juga terkait kebijakan bank yang bersangkutan.

3. Inkaso (Collection)

Inkaso adalah penagihan warkat (surat-surat punya nilai seperti cek dan bilyet giro), yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Proses penagihannya biasanya memerlukan waktu 1 minggu atau 1 bulan, tergantung jarak wilayah penagihan.

4. Safe Deposit Box

Safe Deposit Box adalah pelayanan jasa bank yang mengimbuhkan fasilitas penyewaan box (tempat) menaruh barang-barang atau surat punya nilai punya nasabah suatu bank. Barang-barang punya nilai yang dititipkan dengan memanfaatkan safe deposit box akan safe berasal dari bahaya pencurian atau kebakaran. Nasabah yang memanfaatkan jasa ini akan dikenakan ongkos sewa yang jumlahnya terkait kebijakan pihak bank.

5. Bank Card (Kartu kredit)

Bank card atau lebih populer disebut kartu kredit adalah kartu yang bisa digunakna untuk menyimpan uang tunai atau digunakan untuk membayar barang yang dibeli, seperti di supermarket.

Nasabah yang memanfaatkan jasa fasilitas ini kudu membayar iutan tahunan yang jumlahnya sesuai dengan perjanjian dengan pihak bank. Setiap pembelanjaan memiliki tenggang pas pelunasan dan dikenakan bunga berasal dari jumlah duwit yang udah dibelanjakan andaikan melewati pas yang udah ditentukan.

6. Bank Notes

Bank notes merupakan jasa penukaran valuta asing. Jadi, dalam jual beli bank notes, bank mengacu pada kurs (perbedaan nilai rupiah dengan mata uang asing).

7. Bank Garansi

Bank garansi adalah jaminan bank yang diberikan kepada nasabah fungsi membiayai suatu usaha. Dengan memanfaatkan jaminan bank ini, entrepreneur mendapat fasilitas untuk jalankan kesibukan usahanya. Besarnya jaminan yang dikeluarkan oleh bank pada mulanya udah ditaksir terlebih dahulu dengan jelas kredibilitas dan prospek berasal dari usaha nasabahnya.

8. Bank Draft

Bank draft merupakan wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Wesel ini bisa diperjualbelikan oleh nasabah ketika memerlukan uang tunai.

9. Letter of Credit (L/C)

Letter of Credit (L/C) adalah surat kredit yang diberikan bank kepada importir dan eksportir yang digunakan untuk jalankan pembayaran atas transakso ekspor dan impor yang mereka lakukan.

Terdapat beragam macam model L/C, jadi nasabah dapat pilih sesuai dengan kebutuhan nasabah.

10. Cek Wisata (Travellers Cheque)

Cek Wisata adalah alat yang dapat digunakan untuk pembayaran di beragam wilayah wisata perbelanjaan atau hiburan. Contohnya hotel dan supermarket. Cek Wisata juga dapat digunakan sebagai hadiah kepada para relasinya.

11. Menerima Setoran-setoran

Jenis fasilitas ini adalah yang paling kerap dimanfaatkan oleh nasabah, keuntungannya adalah lebih praktis dan aman. Dalam perihal ini bank menunjang nasabah dalam rangka menampung setoran berasal dari beragam tempat diantaranya:

  • Pembayaran pajak
  • Pembayaran telepon
  • Pembayaran air
  • Pembayaran listrik
  • Pembayaran duwit kuliah
12. Melayani Pembayaran-pembayaran

Sama halnya dengan terima setoran, bank juga melayani pembayaran layaknya yang diperintahkan oleh nasabanya seperti

  • Membayar Gaji/Pensiun/honorarium
  • Pembayaran deviden
  • Pembayaran kupon
  • Pembayaran bonus/hadiah
13. Bermain di dalam Pasar Modal

Bank juga berperan dalam beragam kesibukan dipasar modal layaknya bermain surat-surat berharga. Kegiatan berikut diantaranya:

  • Penjamin emisi (underwriter)
  • Penjamin (guarantor)
  • Wali amanat (trustee)
  • Perantara perdagangan pengaruh (pialang/broker)
  • Pedagang pengaruh (dealer)
  • Perusahaan pengelola dana (invesment company)

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan mengenai contoh jasa layanan perbankan. Semoga bisa menambah wawasan Anda terkait contoh produk jasa layanan bank yang ada di Indonesia.

Baca: