10 Contoh Landing Page untuk Tahun 2022

contoh landing page
Ide dan Contoh Landing Page Hosting Murah

Tujuan pembuatan website adalah menarik pengunjung atau pembeli untuk mengunjungi website Anda. Agar Anda bisa mendapatkan konversi tinggi, Anda perlu membuat landing page yang menarik. Bagi Anda yang sedang mencari ide landing page, berikut beberapa contoh landing page hosting murah yang bisa Anda coba. 

1. Tiket.com

Salah satu contoh landing page yang bisa Anda tiru yaitu Tiket.com. Platform penjualan tiket ini memiliki landing page menarik dan peletakan elemen yang strategis dengan kombinasi warna biru dan kuningnya yang khas. 

Di sini nama brand diletakkan di bagian header dengan informasi diskon ditampilkan dalam bentuk slider yang tidak akan reload secara tidak sengaja. Pada halaman ini semua layanan yang ditawarkan dicantumkan di bawah header

Baca juga: Contoh Iklan Jual Beli

Lalu untuk pembelian tiket berbagai layanan ditampilkan dalam form yang menarik yaitu berupa gambar yang dapat membawa Anda ke halaman sesuai form yang diklik. Selain itu, ukuran tampilan gambar yang pas serta background warna putih membuat halaman terlihat lebih luas. 

2. Zalora

Bagi Anda yang memiliki website e-commerce, landing page Zalora menjadi salah satu website e-commerce yang bisa Anda contoh. Zalora memiliki halaman yang minimalis dan lebih banyak memberi ruang. Bagian headlines yang diletakkan di tengah membuat pengunjung bisa fokus dengan headlines.

Selain itu, pemberian foto model di background memberikan konteks sesuai dengan layanan yang ditawarkan yaitu fashion. Tujuan atau konversi juga ditampilkan secara jelas dalam bentuk single conversion goal yaitu pada headlines “Pilihan Terbaik dalam Event Sale ini”. 

Di bawahnya juga terdapat 2 tombol CTA, shop pria dan shop wanita yang memudahkan pengunjung mencari produk. 

3. Ruang Guru

Landing page platform edukasi online Ruang Guru juga bisa Anda jadikan inspirasi terutama bagi Anda yang memiliki blog pendidikan. Supaya menarik anak-anak untuk ikut bimbingan belajar tentu landing page memang haruslah dibuat lebih menarik. 

Untuk halaman dari Ruang Guru ini, memakai desain vertical split screen dan kolom sebelah kiri menunjukkan headlines yang berisi jargon dari ruang guru dan kolom sebelah kanan berisi informasi mengenai paket yang bisa dipilih pelanggan. 

Baca juga: Contoh Iklan Google Ads

Desain split membuat halaman menjadi lebih rapi dan teratur. Selain itu, Anda juga memiliki ruang lebih untuk menulis subheadlines atau meletakkan form

Pada kolom pemilihan paket terdapat dua form yaitu jenjang kelas dan durasi berlangganan. Desain ini termasuk user friendly karena biaya akan muncul otomatis sesuai dengan form yang dipilih. 

4. Shopback

Berikutnya ada landing page dari Shopback, sebuah platform online shop yang memiliki partner lebih dari 2000 brand baik itu brand internasional maupun lokal. Pada bagian halaman brand ini menampilkan berbagai logo dari berbagai brand partner untuk menarik calon pembeli.

Selain itu, headlines, informasi promo dan CTA ditampilkan dalam bentuk slider. Berbagai produk yang ditawarkan, ditampilkan dengan form menarik di bawah headlines

5. Kolase

Selanjutnya ada platform yang bergerak di bidang musik yaitu Kolase. Hampir sama dengan Zalora, halaman web Kolase menggunakan desain minimalis yang memberikan lebih banyak ruang. Selain itu, peletakan headlines di tengah membuat pengunjung bisa fokus pada headlines dan CTA.

Pada halaman ini terdapat dua CTA yaitu untuk campaign dan polling. Pada form campaign, pengunjung dapat membuat kampanye musik terbaru. Sedangkan pada form polling bisa dipakai musisi untuk melakukan survei. 

Baca juga: Peluang Usaha Online

Selain itu, pada background halaman Kolase memakai foto konteks yang sesuai dengan layanan yang ditawarkan. 

6. Mokapos

Selanjutnya yaitu ada landing page dari platform bisnis dan aplikasi kasir. Mengingat target pasar adalah orang bisnis yang tidak memiliki banyak waktu, Mokapos membuat landing page minimalis yang akan memudahkan penggunanya. 

Bagian headlines menampilkan single convertion goal dengan subheadlines yang menjelaskan layanan yang ditawarkan. Dengan konversi yang sedikit akan membuat pengunjung lebih fokus pada headlines

Di bawah headlines terdapat tombol CTA yang dapat mengundang pelanggan. Di bawah CTA terdapat link video penjelasan yang bisa ditonton oleh pengunjung tanpa meninggalkan halaman.

Video penjelasan dapat meningkatkan konversi ke landing page arahan Anda. Selain itu, penggunaan gambar produk juga sangat menarik. 

7. Loom

Loom merupakan salah satu platform aplikasi record video yang memiliki landing page menarik. Pada bagian headlines terdapat jargon dari Loom dengan penjelasan layanan pada subheadlines. Di bawah subheadlines terdapat tombol CTA untuk mengajak pengunjung mengunduh Loom.

Salah satu hal menarik dari landing page ini adalah penggunaan demo atau latar belakang yang bergerak. Animasi tersebut berisi fitur dan cara penggunaan. Anda bisa memakai desain ini untuk membuat landing page terlihat lebih menarik.  

8. Slack

Selanjutnya yaitu ada landing page dari Slack, sebuah platform yang menyediakan berbagai layanan meeting. Hampir sama dengan Ruang Guru, Slack juga menampilkan landing page dengan desain split page screen atau membagi halaman menjadi dua kolom. 

Pada kolom sebelah kiri menampilkan headlines berisi pelayanan yang ditawarkan, sedangkan pada kolom sebelah kanan menunjukkan menampilkan ilustrasi dari fitur yang disediakan. Hal tersebut menjadikan tampilan halaman menjadi lebih terstruktur.  

9. ChartMogul

Selanjutnya ada platform bisnis yaitu ChartMogul. Landing page brand ini memakai desain dengan tema warna yang cenderung cerah. Untuk menarik perhatian pengunjung Anda tidak harus selalu memakai warna basic seperti hijau atau putih. Anda juga bisa memakai warna yang lebih hidup. 

Baca juga: Peluang Usaha Reseller

ChartMogul menggunakan warna biru pada latar belakang halaman. Pada headlines menampilkan penjelasan layanan dengan gambar ilustrasi yang menarik. Perpaduan warna background dengan warna ilustrasi membuat landing page terlihat lebih hidup. 

10. Custom Illustration

Terakhir ada ide landing page berupa custom ilustrasi. Anda bisa memakai gambar ilustrasi untuk mendemonstrasikan layanan dan fitur sehingga halaman Anda menjadi lebih menarik pengunjung. Dengan memakai ilustrasi juga dapat membedakan website Anda dengan website kompetitor Anda.

Selain itu, ilustrasi juga bisa Anda gunakan untuk mengganti foto orang asli. Salah satu contoh web yang memakai landing page ilustrasi adalah lyft. Dalam web lyft gambar ilustrasi dibuat untuk menampilkan pelayanan yang ditawarkan yaitu berupa taksi. 

Selain memakai ilustrasi, halaman dibuat dengan desain minimalis yaitu terdiri dari dua kolom. Untuk kolom sebelah kiri menampilkan headlines, sedangkan pada kolom sebelah kanan menampilkan CTA pemesanan. 

Baca juga: Mendapat Uang dari Website

Selain memudahkan para user untuk memesan pelayanan, perpaduan warna merah muda dan putih membuat landing page terlihat sangat menarik. Custom ilustrasi sangat cocok dipakai jika target Anda adalah anak-anak atau remajaItulah beberapa ide dan contoh landing page yang bisa dibuat dengan beli hosting murah di sini dah harus dicoba di tahun 2022. Anda bisa memilih desain yang menurut Anda paling menarik dan berpotensi menarik konversi tinggi. Agar landing page lebih menarik, Anda bisa tambahkan gambar, foto, video atau latar belakang bergerak.